Kwarcab Grobogan Sosialisasikan AD ART Pramuka Dan Standard Kursus

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Puluhan orang anggota dewasa Gerakan Pramuka di Grobogan yang terdiri dari para Waka Binawasa, Sekretaris Kwartir Ranting dan Para Pelatih Pembina Pramuka Pusat Pendidikan dan Pelatihan (pusdiklat) Kwartir Cabang Grobogan mengikuti sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka hasil Musyawarah Nasional XI Tahun 2023, Sabtu (11/5/24).

Sosialisasi diselenggaran di Sanggar Bakti Kwartir Cabang Grobogan, dengan pemateri Kak Agus Winarno, Pengurus Pusdiklat Kwarcab Grobogan.

Dengan dilaksanakan sosialisasi, diharapkan para peserta membaca dan memahami Anggaran Dasar dan Anggaran Dasar (AD dan ART) Gerakan Pramuka, menjadikan AD ART sebagai pedoman atau peraturan dasar dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Sesuai dengan AD dan ART Gerakan Pramuka, bahwa Gerakan Pramuka mempunyai asas, tujuan,tugas dan fungsi sehingga para anggota dewasa Gerakan Pramuka berkewajiban sesuai tugas dan fungsi masing masing untuk menyelenggarakan Pendidikan Non Formal di luar sekolah dengan sistem among untuk melaksanakan pendidikan kepramukaan dengan tujuan mengantarkan peserta didik agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa, berkecakapan, sehat, membangun dirinya, bangsa, peduli sesama hidup dan alam lingkungannya, yang dilaksanakan berdasarkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK dan MK).

Sementara itu Kak Hariyanto, yang juga Pengurus Pusdiklat Kwarcab Grobogan menyampaikan petunjuk teknis standar pelaksanaan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan(KML) bagi pembina Pramuka di Kwartir Cabang Grobogan, hal ini untuk sebagai standarisasi Kwartir Cabang Grobogan dalam penyelenggaraan kursus, termasuk apabila Kwartir Ranting mengajukan permohonan kursus kepada Kwartir Cabang Grobogan.

Dimulai dari proses permohonan penyelenggaraan sampai dengan sistem, jam pelajaran, biaya maupun waktu pelaksanaan yang disesuaikan dengan pedoman sisdiklat dan pembinaan anggota dewasa anggota Pramuka.

baca juga:  Chacha Frederica Terus Sosialisasikan Pencegahan Stunting

Sosialisasi yang dikemas dalam kegiatan Pitaran Pelatih dan Rakoor Binawasa. Kegiatan ini dibuka oleh Kak Fahrurrozi Wakil Ketua Kwartir Cabang Grobogan bidang Binawasa.

“Pitaran Pelatih dan Rakor Binawasa digelar agar para pelatih agar dapat mengembangkan diri dan menambah wawasan dan saling melengkapi dengan Bidang Binawasa demi kemajuan Gerakan Pramuka” pesan Kak Fahrur. ( jkw/ag)

Bagikan ke:

2 thoughts on “Kwarcab Grobogan Sosialisasikan AD ART Pramuka Dan Standard Kursus

  1. hiI like your writing so much share we be in contact more approximately your article on AOL I need a specialist in this area to resolve my problem Maybe that is you Looking ahead to see you

  2. you are in reality a just right webmaster The site loading velocity is incredible It seems that you are doing any unique trick In addition The contents are masterwork you have performed a wonderful task on this topic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *