Pilkada Sukoharjo, Demokrat Dukung PDI Perjuangan

NEWS

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

PARTAI Demokrat resmi memberikan dukungan kepada Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Etik Suryani-Agus Santosa (EA) yang diusung PDI Perjuangan pada Pilkada Sukoharjo, 9 Desember mendatang, setelah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlambang bintang mercy itu.

Surat rekomendasi Partai Demokrat bernomor 230/SK/DPP.PD/VIII/2020 tentang Persetujuan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo ditandatangani Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya.

Dalam surat tersebut, Partai Demokrat memberikan rekomendasi kepada pasangan EA dalam mengarungi kontestasi politik lima tahunan Pilkada Sukoharjo. Surat rekomendasi partai itu diserahkan Ketua DPC Partai Demokrat Sukoharjo Sugeng Purwoko kepada Ketua DPC PDIP Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Rabu (26/8).

“Rekomendasi pasangan calon berdasarkan usulan struktural DPC Partai Demokrat ke pusat. Partai Demokrat bergabung dengan PDIP, dan berupaya mati-matian untuk memenangkan pasangan EA dalam pilkada. Kami bakal bersinergi membangun koalisi yang solid dan kuat,” kata Sugeng Purwoko.

Mantan Kepala Desa Mulur, Kecamatan Bendosari itu menyampaikan, kader Partai Demokrat bakal berjuang all out untuk memenangkan pasangan EA di Pilkada Sukoharjo. Mereka segera bergerak menyosialisasikan figur pasangan EA kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Sekadar catatan, pada Pemilu 2019, Partai Demokrat meraih sekitar 17.800 suara dan satu kursi di parlemen. “Saya siap beradu argumentasi mengenai paradigma kepemimpinan wanita. Banyak pemimpin wanita di luar negeri dan Indonesia yang berhasil dalam membangun daerah. Apalagi ada Pak Agus Santosa yang mumpuni dalam menjalankan roda pemerintahan,” ujar Sugeng Purwoko.

Dia mengibaratkan berpolitik seperti bermain catur. Raja dan para menteri harus menghargai pion yang jumlahnya sedikit. Selama ini, hubungan antara Partai Demokrat dengan PDIP cukup mesra di parlemen, yang mendasari dukungan mereka kepada calon dari PDIP di Pilkada Sukoharjo.

baca juga:  Petugas Gabungan Kabupaten Blora Kampanyekan 5M di Pasar Jiken

Partai Demokrat yang hanya memiliki satu kursi bergabung dengan Fraksi PDIP yang berjumlah 20 kursi.

Ketua DPC PDIP Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengapresiasi keputusan Partai Demokrat yang memberikan rekomendasi ke pasangan EA di Pilkada 2020. Struktural dan kader kedua partai bakal bersinergi untuk memanaskan mesin politik demi mendulang suara terbanyak dalam pemungutan suara.

Wardoyo masih menunggu rekomendasi tiga partai lain yang hingga kini belum terbit. Ketiga partai itu adalah Partai Golkar, PKB, dan Partai Nasdem.

“Rekomendasi Partai Demokrat membawa semangat kerja sama dan kebersamaan dalam memenangkan pasangan EA. Kita tunggu rekomendasi dari tiga partai lainnya,” tandas Wardoyo.

Dia juga menyampaikan bahwa Partai Demokrat merupakan partai pertama yang memberikan dukungan secara resmi kepada balon bupati-wakil bupati yang diusung partai berlambang banteng moncong putih, dengan menyerahkan rekomendasi dari DPP Partai Demokrat. “Kami yakin dan optimis, dengan tambahnya dukungan, akan bisa memenangkan pasangan EA pada Pilkada, 9 Desember mendatang,” ujarnya.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *