Pemkab-Forkopimda Sragen Upacara Virtual Hari Kesaktian Pancasila

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sragen mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 secara virtual melalui siaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, di Command Center komplek Sekretariat Daerah (Setda)  Sragen, Kamis (1/10/2020).

Upacara diikuti Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Dedy Endriyatno, Ketua DPRD Suparno, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Mengusung tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila,” Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2020 digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta dan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Plt Bupati Dedy Endriyatno usai upacara menyampaikan pesan kepada masyarakat di momentum Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 agar mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan tidak melupakan sejarah.

“Pancasila sakti dan merupakan nilai-nilai sejarah. Dan Pancasila itu merupakan tonggak kita, filosofi kita, dan ideologi kita. Jangan sampai Pancasila dilupakan, Pancasila harus terus kita pelajari dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, berbangsa dan bernegara,” ungkap Dedy Endriyatno.

Melalui Hari Kesaktian Pancasila, Dedy menyatakan kebanggaannya karena Kabupaten Sragen memiliki Pahlawan Revolusi, yakni Brigjen Katamso Darmokusumo yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September.

“Memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Sragen, tandanya ada putra terbaik Sragen yang memiliki andil besar dalam perjuangan revolusi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada periode pemberontakan PKI,”  paparnya.

Dedy berharap, generasi muda penerus bangsa bisa meningkatkan kewaspadaan dan mengambil hikmah bahwa ancaman terhadap NKRI terus ada dalam bentuk apa pun, salah satunya komunisme.

“Harapan kami, generasi muda sekarang ini terus meningkatkan kewaspadaan diri dengan memperkuat rasa nasionalisme. Negara ini ada, untuk itu kita punya tanggung jawab yang sama untuk mempertahankan, terhadap apa pun bentuk ancaman yang terjadi,” kata kader PKS ini.

baca juga:  Zona Oranye, Covid-19 Sragen Tembus 553 Kasus

Upacara Hari Kesaktian Pancasila dirangkai dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Adapun salah satu isi dari ikrar tersebut, yaitu bahwa Bangsa Indonesia harus membulatkan tekat dan mempertahankan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *