Untuk Berpatroli, Dinas Perhubungan Kendal Siap Bersepeda Listrik

INOVASI

Penulis: Eko Purwanto
Editor: Dwi NR

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kendal akan menggunakan sepeda listrik saat berpatroli di kawasan Car Free Day (CFD). Sepeda listrik ramah lingkungan merupakan sarana yang tepat saat berpatroli di kawasan bebas berkendaraan itu. 

PT Volta Indonesia Semesta menyerahkan hibah dua unit sepeda listrik produksinya kepada Dishub Kendal, yang diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal Moh Toha di Kantor Dishub, Rabu (14/10/2020).

Moh Toha mengatakan bahwa pihaknya akan menggunakan sepeda listrik menjadi kendaraan patroli Dishub saat CFD maupun kegiatan lainnya.

Menurutnya, pihaknya juga akan melakukan pengujicobaan terhadap unit sepeda listrik yang dihibahkan, sehingga ke depan menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan kendaraan listrik di lingkungan Pemkab Kendal.

“JIka dalam pengujian ternyata lebih menguntungkan, tentunya kami bisa membuka dinas untuk mengadakan sepeda listrik,” katanya.

Dishub menerima hibah sepeda listrik sebanyak dua unit dari PT Volta Indonesia Semesta. Kendaraan ramah lingkungan tersebut nantinya akan digunakan untuk patroli maupun untuk kegiatan dinas lainnya.

Penyerahan hibah sepeda listrik itu dilakukan di Kantor Dishub Kendal. Sepeda listrik itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha.

Sepeda listrik buatan Volta merupakan buatan Indonesia. Sepeda listrik yang diberikan kepada DIshub Kabupaten Kendal ini merupakan sepeda listrik yang berkemampuan jarak tempuh dan kecepatan maksimal 40 km/jam. Jika daya baterai habis, maka sepeda ini dapat dikayuh untuk melanjutkan perjalanan.

Ramah Lingkungan
Direktur PT Volta Indonesia Semesta Yudy Wiyanto mengatakan, pemberian hibah sepeda listrik kepada Dishub Kabupaten Kendal ini sekaligus menjadi pengenalan sepeda listrik produknya sebagai kendaraan yang ramah lingkungan dan bebas polusi, kepada masyarakat.

baca juga:  Di Gondang, Kemendes PDTT Luncurkan Program SMK Mbangun Desa

Terlebih saat ini pemerintah pusat tengah mengampanyekan sumber tenaga alternatif untuk digunakan dalam alat transportasi.

“Sepeda listrik memiliki banyak keunggulan, yakni hemat, bebas polusi, dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu risau terkait suku cadang sepeda listrik produksi Volta. Pihaknya menjamin ketersediaan suku cadang dari sepeda listrik buatannya.

Pasalnya, pihaknya tidak hanya menjual sepeda listrik saja, namun juga menjual suku cadangnya. Terlebih suku cadang tersebut juga dibuat oleh pihaknya.

“Ke depan, kami akan hibahkan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah.  Harapannya biar semakin banyak penggunaan sepeda listrik di Jawa tengah ini,” katanya.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *