Membanggakan, Jawa Tengah Juara Umum LKS 2020

EDUKASI

Penulis: Laras W Gandaningrum
SEMARANG | inspirasiline.com

TAHUN ini Provinsi Jawa Tengah kembali dinobatkan sebagai Juara Umum Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dalam ajang yang diselenggarakan 18-23 Oktober 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ini, Jawa Tengah mendapat sembilan medali emas, sepuluh medali perak, dan tujuh medali perunggu.

Di masa pandemi ini LKS diadakan secara daring, diikuti oleh 932 peserta SMK dari 34 provinsi di Indonesia.

Juara Kedua diraih Provinsi Jawa Timur, dengan perolehan sembilan medali emas, enam medali perak, dan empat medali perunggu. Adapun Juara Ketiga adalah Provinsi DKI Jakarta, yang mendapat delapan medali emas, tiga medali perak, dan sembilan medali perunggu.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan, LKS SMK 2020 memiliki makna agar kita memerdekakan diri dari belenggu keterbatasan, untuk lebih mandiri supaya mampu menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat.

Rajai Pasar Global
Wikan Sakarinto juga mengingatkan bahwa tujuan dari LKS adalah untuk mengantar siswa SMK agar mampu menghasilkan produk yang mampu merajai pasar global. Karya yang dihasilkan para siswa bisa berupa produk teknologi, fesyen, seni, industri kreatif, kuliner, dan lain-lain.

“Dari mengikuti lomba, adik-adik mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam upaya menghasilkan karya terbaik di sekolah, rumah, tempat kerja, dan masyarakat. Karenanya, peran rekan sekolah, guru, kepala sekolah, keluarga, dan kompetitor bisa dijadikan relasi dan kolaborasi untuk saling mendukung demi kemajuan bersama,” tambahnya.

Dari 923 siswa yang mengikuti LKS SMK tingkat Nasional 2020, terpilih 168 juara dari 42 bidang yang dilombakan. Yang membanggakan, ada 20 siswa SMK penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang menjadi juara dari 111 siswa penerima KIP di seluruh wilayah nusantara.

baca juga:  Hari Pramuka Ke-59, Sejumlah Tokoh Terima Penghargaan

Provinsi Jawa Tengah yang sukses meraih Juara Umum juga didukung oleh empat siswa penerima KIP, yaitu Naufal Hanif meraih medali emas di bidang Industrial Control, Imam Tantowi Yahya mendapat emas untuk lomba Mechatronics, Lasmi Yatun mendapat perak bidang lomba Restaurant Service, dan Arif Suyipto meraih perunggu untuk lomba Cabinet Making.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *