Basmi Hama Tikus, Kodim Sragen Bagikan Sembilan Burung Hantu

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

KODIM 0725/Sragen menggelar bakti sosial (baksos) penyerahan burung hantu jenis Tyto Alba sebanyak 9 ekor kepada Kelompok Tani Dewi Sri, Dukuh Margorejo, Desa Puro, Kecamatan Karangmalang, Rabu (25/11/2020).

Penyerahan burung hantu (Tyto alba) itu sebagai salah satu upaya untuk mengatasi pengendalian hama tikus yang menyerang tanaman padi milik petani di Sragen.

Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno melalui Kepala Staf Kodim Mayor Inf Wijiono mengatakan, bantuan 9 ekor burung hantu tersebut sebagai bentuk perhatian Kodim 0725/Sragen untuk mengurangi serangan hama tikus, karena cara ini dinilai lebih efektif dan tidak berbahaya.

“Seperti diketahui bersama, burung hantu yang digunakan untuk membantu petani mengatasi hama tikus, salah satunya adalah jenis Tyto Alba. Tyto Alba ini menjadi pembasmi hama tikus yang sangat andal, khususnya di malam hari saat petani sedang beristirahat. Burung jenis ini dikenal juga dengan sebutan burung Koreak. Dalam semalam, burung hantu Tyto Alba bisa menangkap lima sampai 10 ekor tikus,” beber Mayor Inf Wijiono kepada inspirasiline.com.

Pihaknya juga mengimbau agar para petani tidak membasmi tikus dengan aliran listrik, karena sangat berbahaya.

“Kepada para petani agar menjalankan proses pembasmian tikus tidak lagi menggunakan aliran listrik, karena dapat membahayakan nyawa orang lain, bahkan petani pemilik sawah itu sendiri,” tuturnya berpesan.

Kepala Desa (Kades) Puro Suyanto mengapresiasi kegiatan Kodim 0725/Sragen yang telah peduli dengan warga Desa Puro dalam menangani masalah tikus yang akhir-akhir ini meresahkan.

Maturnuwun untuk Kodim Sragen. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Puro, khususnya supaya bisa panen maksimal tanpa diganggu tikus,” ujarnya.

Perwakilan anggota Kelompok Tani Dewi Sri, Agus mengatakan, para kelompok tani sangat terbantu dengan pemberian burung hantu oleh Kodim 0725/Sragen tersebut.

baca juga:  Pangkalan SMPN 2 Karangrayung Grobogan Gelar Uji Kenaikan Tingkat

Mengingat sudah lama hama tikus menjadi musuh utama bagi petani di lahan pertanian kawasan setempat.

“Sangat terbantu sekali. Hama diobati pakai jenis obat apa pun tidak mempan. Semoga dengan burung hantu ini bisa membantu membasmi hama tikus yang ada di sawah sekitar sini,” ungkapnya.***

Bagikan ke:

1 thought on “Basmi Hama Tikus, Kodim Sragen Bagikan Sembilan Burung Hantu

  1. Wonderful goods from you, man. I have understand your stuff
    prior to and you are simply extremely fantastic.
    I actually like what you have got right here, really like what you are stating and
    the best way during which you assert it. You make it enjoyable and you continue to take care of to stay it smart.
    I cant wait to learn much more from you. That is really a great website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *