Cek Pelaksanaan Pilkada 2020, Kapolres-Dandim Blora Temukan TPS Unik

NEWS

Penulis: Yokanan
BLORA | inspirasiline.com

KAPOLRES Blora AKBP Ferry Irawan bersama Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi melakukan pengecekan pelaksanaan tahap pemungutan suara Pilkada 2020 Kabupaten Blora. Rabu (09/12/2020).

Kedua pucuk pimpinan Polri dan TNI di Kabupaten Blora tersebut terjun langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memastikan pelaksanaan tahap pemungutan suara berjalan aman dan lancar, serta sesuai dengan protokol kesehatan.

Ada yang unik ketika Kapolres dan Damdim menyambangi TPS 01 Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, di mana seluruh petugas PPS menggunakan pakaian adat Jawa Tengah, lengkap mulai dari kebaya, jarik, hingga blangkon. Bahkan di lokasi TPS juga diputarkan musik uyon-uyon atau langgam Jawa.

Suasana Jawa sangat kental terasa di TPS tersebut. Mulai ketika masuk lokasi, kita disambut petugas PPS dengan kostum adat Jawa. Apalagi ditambah senyum ramah dan alunan langgam Jawa. Sebuah suasana yang sangat sejuk dan adem.

PETUGAS PPS berbusana adat Jawa lengkap di TPS 01 Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres bersama Dandim 0721/Blora mengecek kesiapan anggota Polri dan TNI serta Linmas yang melaksanakan pengamanan.

Selain itu, Kapolres dan Dandim juga memastikan pelaksanaan pemungutan suara menerapkan disiplin protokol kesehatan untuk antisipasi Covid-19.

“Saya bersama Dandim mengecek langsung di lapangan, untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman, lancar, dan tentunya bebas dari Covid-19. Dengan suasana yang adem dan sejuk ini, diharapkan seluruh tahapan Pilkada di Blora juga adem dan damai,” kata Kapolres Blora saat berada di TPS 01 Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban.

Kepada petugas jaga, baik dari TNI, Polri, ataupun Linmas, Kapolres berpesan agar selama kegiatan di TPS dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, hingga menghindari kerumunan.

baca juga:  Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dandim  0725/Sragen Letkol (Inf) Anggoro Heri Pratikno isi Wawasan kebangsaan di SMKN 2 Sragen

“Selain antisipasi gangguan Kamtibmas, petugas keamanan yang ada harus memastikan penerapan disiplin protokol kesehatan,” tandas Kapolres Blora.

16 Wilayah
Adapun pengecekan yang dilakukan oleh Kapolres dan Dandim 0721/Blora hari ini akan dilakukan di wilayah 16 Polsek jajaran.

“Protokol kesehatan wajib dilakukan selama tahapan Pilkada, tentunya dengan tujuan utama untuk mencegah penularan Covid-19 saat Pilkada,” tambah Kapolres.

Adapun Polres Blora telah mengerahkan 530 anggotanya untuk melakukan pengamanan TPS di seluruh wilayah Kabupaten Blora. Selain itu, masih dibantu oleh pasukan BKO dari Sat Brimob Polda Jateng dan Pasukan Sat Sabhara Polres Pati dan Polres Jepara.

“Kita tidak mau underestimate. Selain anggota Polres Blora, juga ada pasukan BKO yang disiagakan. Dan bersama dengan jajaran Kodim 0721/Blora, kita semua siap mengamankan tahapan puncak Pilkada 2020 di Blora,” tandas Kapolres.

Sementara itu Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh pengamanan Pilkada 2020 di Blora. Pihaknya telah mengerahkan anggota Koramil di 16 kecamatan untuk mendampingi Polri saat pengamanan.

“Kita dukung Polres Blora untuk mengamankan Pilkada. Tentunya hingga level bawah, di desa ataupun kelurahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa selalu berjalan berdampingan. Harapannya, semoga Pilkada di Blora aman dan bebas dari Covid-19,” kata Dandim 0721/Blora.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *