Simbol Nasionalisme, TPS Merah Putih Dorong Antusiasme Pemilih

NEWS

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

HARI ini, Rabu, 9 Desember 2020, secara serentak se-Indonesia, termasuk Kabupaten Sukoharjo menggelar Pilkada serentak.

Sebanyak 1.775 tempat pemungutan suara (TPS) menjadi saksi bagi para pemilik hak suara melakukan pencoblosan di Kabupaten Sukoharjo, salah satunya TPS 1 di Dukuh Jarak, Desa Tanjung, Kecamatan Nguter.

TPS 1 berbeda dari TPS-TPS lainnya, karena disiapkan dengan nuansa Merah Putih.

SEORANG warga diperiksa suhu tubuhnya dengan thermo gun oleh petugas, sebelum memasuki TPS Merah Putih.

Ketua KPPS TPS 1 Jarak Hermawan saat dikonfirmasi wartawan di sela-sela pemilu berlangsung mengatakan, TPS ini memang mengusung tema “Merah Putih”, dengan tujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme warga masyarakat agar datang memilih sesuai hati nuraninya tanpa paksaan dari siapa pun.

“Jumlah pemilih di TPS kami sebanyak 338 orang, target pemilih 80 persen suara. Kami yakin, masyarakat saat ini sudah cukup dewasa dalam berdemokrasi untuk bisa menentukan pilihannya yang terbaik, memilih pemimpin Sukoharjo untuk 5 tahun ke depan,” tuturnya.

Hermawan menambahkan, dalam pemungutan suara di TPS 1, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan ketat, yaitu setiap pemilih yang datang harus cuci tangan pakai sabun, dicek suhu tubuhnya sebelum masuk bilik suara, memakai sarung tangan, hand sanitizer, dan menjaga jarak.

“Semua patuh terhadap protokol kesehatan untuk menghindari klaster persebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara Antonius Bimo Wijarnarko, pimpinan Muresko Sukoharjo selaku penggagas TPS Merah Putih mengungkapkan bahwa Muresko bekerja sama dengan pemuda setempat memasang 200 bendera di TPS 1 ini.

“Salah satunya bendera raksasa. Bendera dipasang di areal TPS hingga di jalan masuk menuju TPS. Kami sengaja pasang demikian, dengan tujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme  generasi milenial untuk selalu mencintai Merah Putih. Karena kita tahu, Merah Putih direbut dengan wutah darah. Selain itu juga untuk memberikan pendidikan nasionalisme, agar selalu tertanam di jiwa generasi penerus bangsa,” paparnya.

baca juga:  Lima Rumah Sakit Swasta Sragen Siap Rawat Pasien Covid-19
PANITIA Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Sukoharjo melakukan jemput bola ke pemilih, dalam Pilkada 2020.

Lilik Suryanto, salah satu warga masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya mengatakan, masyarakat sangat antusias datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih sesuai hati nuraninya. Memilih pemimpin Sukoharjo lima tahun ke depan, yang amanah, jujur, dan adil.

“Kami prihatin, akhir-akhir ini banyak pejabat/kepala daerah yang tersandung kasus. Kami sangat berharap, hal ini jangan sampai terjadi di Kabupaten Sukoharjo. Semoga pemimpin hasil pilihan masyarakat Sukoharjo ini nanti benar-benar pemimpin yang amanah dan bisa benar-benar adil terhadap rakyatnya,” cetusnya.***

Bagikan ke:

14 thoughts on “Simbol Nasionalisme, TPS Merah Putih Dorong Antusiasme Pemilih

  1. Hey exceptional blog! Does running a blog similar to this take a massive amount work?
    I’ve virtually no expertise in programming however I was hoping to start my own blog soon. Anyway, should you
    have any suggestions or tips for new blog owners please share.
    I understand this is off topic but I just wanted to ask. Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *