UMS Persiapkan Kuliah Tatap Muka

EDUKASI

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

MESKI nasih dalam masa pandemi, Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) mulai merancang kuliah tatap muka yang rencananya akan diujicoba pada awal 2021.

Hingga saat ini, UMS mulai menjalin koordinasi, terutama dengan Satgas Penanganan Covid-19 untuk membahas formula yang tepat agar kuliah di tengah pandemi tetap aman dan tidak menimbulkan klaster baru.

Rektor UMS Prof Sofyan Anif mengakui, jika jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah Soloraya masih terbilang cukup tinggi. Bahkan, Provinsi Jawa Tengah menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Oleh karena itu, pembelajaran melalui metode daring untuk sementara ini tetap berlanjut.

“Ya, untuk kuliah di tengah pandemi jauh beda dibandingkan sebelum pandemi. Namun yang jelas, nantinya pembelajaran tatap muka tetap mengedepankan protokol kesehatan, termasuk pengaturan jumlah mahasiswa dalam satu kelas,” jelas Rektor Prof Sofyan Anif, Rabu (16/12/2020).

Dikatakan, jika sebelumnya perkelas sekitar 40 mahasiswa, maka nanti akan dibagi menjadi dua sesi dengan jumlah terbatas, untuk menghindari kerumunan.

“Nanti ada pengaturan, termasuk ada sesi juga, dan jumlah mahasiswanya hanya separo,” ujarnya.

Sementara pakar pendidikan UMS, Prof Harun Joko Prayitno mengungkapkan, metode kuliah secara daring, yang berlangsung sejak Maret 2020 lalu sudah membosankan. Akibatnya, banyak orangtua yang mengeluh serta berharap agar kuliah tatap muka segera dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat.

“Untuk kuliah di tengah pandemi, kami memberikan formula agar dapat menggunakan metode pembelajaran blended, yakni kombinasi antara tatap muka dan online,” tutur Prof Harun.

Sebagai persiapan kuliah tatap muka dan bentuk pencegahan serta meminimalisasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus, UMS juga membentuk Satgas Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 UMS Prof Dr EM Sutrisna mengatakan, sebagai langkah awal, pihak UMS akan melakukan rapid test massal di kampus.

baca juga:  7 Sekolah Temanggung, Wonosobo, Kota Tegal Gelar PTM

“Rencana rapid test akan dilaksanakan secara bergiliran, sesuai dengan jadwal di tiap-tiap unit, biro, ataupun fakultas yang dimulai pada 21 Desember 2020 sampai dengan 12 Januari 2021,” terangnya.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *