Gantikan Ayah Jadi Wakil Bupati, Amelia Suciani Dilantik Jadi Anggota Antar-Waktu DPRD Sragen

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

AMELIA Suciani, putri Suroto, Wakil Bupati (Wabup) terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 lalu, Rabu (27/1/2021) dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sragen.

Sosok Amelia Suciani, politikus pendatang baru di percaturan politik Sragen menjadi fenomena tersendiri. Majunya Amelia dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, semula sekadar memenuhi kuota perempuan 30 persen. Tapi kini ibu rumah tangga beranak satu ini resmi menjadi salah satu legislator di Sragen.

SUROTO, ayah Amelia Suciani.

Amelia Suciani dilantik menjadi anggota DPRD Sragen melalui mekanisme pergantian antar-waktu (PAW) dalam Rapat Paripurna DPRD Sragen, Rabu (27/1/2021).

Senyum Wakil Bupati (Cawabup) Sragen terpilih Suroto mengembang saat inspirasiline.com menyapanya yang tengah duduk di deretan kursi terdepan saat rapat paripurna tersebut.

Suroto senang karena anak bungsunya, Amelia Suciani yang menggantikan dirinya di kursi DPRD Sragen.

Suroto harus melepas jabatan Sekretaris Komisi III DPRD Sragen lantaran maju menjadi Calon Wakil Bupati (Cawabup) mendampingi Calon Bupati (Cabup) Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Pada Kamis (21/1/2021), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen menetapkan Yuni-Suroto sebagai Calon Bupati-Wakil Bupati  (Cabup-Cawabup) terpilih melawan kotak kosong.

Kini, Suroto tinggal menunggu pelantikan sebagai Wabup mendampingi Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang akan menjabat Bupati Sragen untuk kali kedua. Suroto akan menggantikan Dedy Endriyatno.

“Amel itu anak ragil dari empat bersaudara. Perolehan suaranya tepat di bawah saya, yakni sekitar 700-an suara. Kalau suara saya 11.111 suara. Jujur saja, dulu Amel maju itu hanya untuk melengkapi syarat gender perempuan 30 persen. Ternyata rakyat menghendakinya, sehingga Amel dapat amanah bertugas menggantikan saya. Amel tetap menduduki jabatan saya di Sekretaris Komisi III dan di alat kelengkapan DPRD lainnya,” ujar Suroto yang merupakan kader terbaik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sragen.

baca juga:  Pasar Hewan Ditutup, Berjualan Door To Door

Seusai pelantikan, Suparno mengumumkan Amelia Suciani menjabat sebagai anggota Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), serta anggota Komisi III DPRD Sragen.

Dengan masuknya Amelia di lingkungan DPRD Sragen, ternyata juga berdampak pada struktur komposisi di Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB). Posisi Ketua FPKB yang semula dijabat Suroto diserahkan kepada Fathurrohman.

Amelia Suciani merasa senang bisa meneruskan perjuangan ayahnya sebagai legislator.

“Saya banyak belajar dari bapak. Ya, apa saja tentang politik. Untuk tugas-tugas di DPRD sudah tahu, terutama di Banggar dan Banmus, karena sudah diberitahu jauh hari. Saya sebenarnya tidak mengira bisa dilantik jadi legislator. Setelah bapak terpilih jadi cawabup, saya ternyata bisa melanjutkan perjuangan bapak,” katanya.***

Bagikan ke:

1 thought on “Gantikan Ayah Jadi Wakil Bupati, Amelia Suciani Dilantik Jadi Anggota Antar-Waktu DPRD Sragen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *