Kepala Disdikbud Sragen Suwardi: PTM, Solusi Atasi Anak Kecanduan Game Online

EDUKASI

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

PEMBELAJARAN jarak jauh (PJJ) secara daring selama pandemi Covid-19, justru memicu banyak anak-anak kecanduan main game online melalui ponsel Android dan sulit dikendalikan oleh orangtuanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sragen Suwardi adalah segera dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Kalau PTM itu, guru bisa mengawasi langsung. Namun di Kabupaten Sragen ini baru 134 dari 208 desa/kelurahan yang zona hijau. Untuk bisa memulai PTM, menunggu petunjuk dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen. Sebetulnya semua guru sudah siap melaksanakan PTM, namun harus mematuhi peraturan yang ada. Apalagi saat ini masih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro,” kata Suwardi ketika ditemui inspirasiline.com di ruang kerjanya, Senin (8/3/2021).

KORWILDIKCAM Plupuh Darohman.

Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan (Korwildikcam) Plupuh Darohman sependapat dengan Kepala Disdikbud Suwardi bahwa yang paling efektif mengatasi anak-anak usia sekolah kecanduan game online adalah PTM.

“PTM itu diberlakukan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Sebelum masuk, anak-anak diharuskan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, lalu dicek suhu tubuhnya menggunakan thermogun, kursi tempat duduk sudah diatur jaraknya, dan dari rumah sudah dipastikan memakai masker. Kalau guru negeri dan swasta sudah siap dan sekolah sudah menyiapkan sarana dan prasarananya sesuai dengan prokes,” ujar Darohman kepada inspirasiline.com di kantornya, Senin (8/3/2021).

“Untuk melaksanakan PTM, kami tinggal menunggu perintah dari atas, kapan pun siap melaksanakan,” timpal Kepala SD Negeri Plupuh 2 yang juga Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Plupuh Samiyono.

Baik Darohman maupun Samiyono mengatakan, memang sangat sulit memberitahu anak-anak yang kecanduan game online.

“Tapi kalau dipanggil guru untuk belajar ya patuh. Suruh makan atau mandi selagi main game sulitnya minta ampun. Dan itu merata, tidak hanya yang tinggal di kota, di desa pun sama. Jalan mengatasi atau solusi ya hanya PTM,” tandas Darohman seraya menambahkan bahwa saat ini Korwildikcam Plupuh sedang membagikan masker kepada sekolah sebagai persiapan PTM.***

Bagikan ke:
baca juga:  PPKM Diperpanjang, Kasus Covid-19 Kabupaten Sragen Terus Meningkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *