ASN Harus Jadi Contoh Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

BUPATI Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Terbukti, dengan kesiapan para ASN sebelum vaksinasi hingga upaya mereka dalam menyosialisasikan keamanan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Meski belum semuanya menerima suntikan vaksin, Yuni –panggilan akrab Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati– mengatakan, ASN harus menjadi contoh dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Tentunya kita, ASN sebagai abdi masyarakat harus menjadi contoh lebih dulu, sehingga program vaksinasi ini bisa maksimal dan sukses di Sragen, demi pengendalian virus Covid-19,” ujar orang nomor satu di Bumi Sukowati itu, Jumat (12/3/2021).

Yuni menekankan, ASN Pemkab Sragen mayoritas adalah sosok yang ditokohkan di masyarakat, sehingga diharapkan ASN terus mendukung program vaksinasi ini dan mampu menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal.

“Sebagai tokoh di masyarakat, setiap ASN yang memenuhi persyaratan kesehatan, harus divaksin agar risiko terpapar Covid-19 lebih kecil, sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal,” tandasnya.

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga berprofesi dokter ini pun berpesan agar setiap warga yang divaksin tetap taat protokol kesehatan (prokes) dan tidak boleh merasa kebal virus Corona.

Sebab, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh akan membentuk antibodi dalam tubuh. Hanya akan bisa bekerja pada saat dua kali vaksin, setelah itu barulah terbentuk antibodi secara sempurna yang ada di dalam tubuh pada rentang waktu 14-15 hari.

“Meskipun sudah divaksin, jangan sekali-kali merasa kebal dan aman dari Covid-19, terus tidak pakai masker, tidak cuci tangan, dan tidak jaga jarak. Yang disuntikkan itu untuk membentuk antibodi. Antibodi tubuh akan bekerja setelah dua kali vaksin,” jelas Yuni. “Jadi sebenarnya kunci menanggulangi atau mencegah penyebaran Covid-19 ini hanya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan harus dipatuhi bersama,” imbuhnya.

baca juga:  Eko Purnomo Menangi Pilkades Antarwaktu Desa Sugihan

Putri sulung mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono itu mengimbau masyarakat agar tidak ragu dan tidak takut untuk divaksin Covid-19.

“Vaksin ini kan tujuannya baik, untuk membentuk kekebalan tubuh dari Covid-19. Jangan sampai penyebaran Covid-19 semakin meluas. Jadi, masyarakat tidak usah takut. Jangan mendengarkan isu-isu yang tidak bisa dipertangungjawabkan kebenarannya,” pesannya.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *