Peringati Hari Kartini, Wabup Ajak Perempuan Blora Tangguh-Mandiri

INSPIRASIANA

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

Kesempatan berkembang yang dimiliki oleh kaum perempuan pada hari ini, sesungguhnya tidak berbeda dari kaum laki-laki. Hanya saja, belum semua menyadari potensi dan memanfaatkannya secara maksimal.
KETUA Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj Ainia Shalichah dalam Peringatan Hari Kartini Ke-142 Tahun 2021 tingkat Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

RADEN Ajeng Kartini merupakan sosok teladan. Selain gigih memperjuangkan hak wanita, juga menaruh perhatian pada masalah sosial.

RA Kartini merupakan sosok pahlawan nasional yang dikenal tangguh dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Tidak hanya itu, Kartini juga memberikan perhatian pada masalah sosial.

“Seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi, serta kesetaraan hukum,” papar Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati mewakili Bupati Arief Rohman saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Kartini Ke-142 Tahun 2021 tingkat Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (21/4/2021) pagi.

Bertindak sebagai komandan upacara adalah Ny Krisna Suahmad dari Persit Kodim 0721/Blora.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj Ainia Shalichah beserta jajaran pengurus, para kepala OPD, jajaran Forkopimda Kabupaten Blora beserta istri masing-masing, perwakilan dari komunitas difabel, dan organisasi wanita yang ada di Kabupaten Blora.

Sesaat seusai upacara, acara dilanjutkan dengan resepsi Peringatan Hari Kartini.

Wabup Tri Yuli mengatakan, bersamaan dengan masih adanya pandemi dan perkembangan zaman yang semakin maju, maka tantangan yang dihadapi para perempuan ke depan tidaklah mudah.

“Ke depan, tantangan bagi perempuan dalam menjalankan peran dan fungsinya tentu tidaklah mudah. Perempuan herus memiliki multiperan dalam keluarga,” jelasnya.

Pasalnya, para perempuan sebagai ibu, memegang peran penting dalam keluarga, khususnya dalam mendidik para generasi penerus agar memiliki budi pekerti luhur dan berkarakter Pancasila.

Ditambah lagi, dengan adanya situasi pandemi saat ini, perempuan diharapkan dapat berdaya dan mampu mendukung kehidupan keluarga agar tetap berjalan.

baca juga:  Sertijab Dandim Blora, Andi Sulistyo Kurniawan Putro Gantikan Ali Mahmudi

Mengusung tema “Tetap Hebat di Masa Pandemi”, perempuan diharapkan dapat menjadi pendukung dengan melahirkan satu usaha atau bisnis, guna menopang kehidupan keluarga, terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Tri Yuli juga mengajak seluruh perempuan di Kabupaten Blora untuk terus semangat dalam mengembangkan diri menjadi lebih maju.

Menurutnya, kesempatan berkembang yang dimiliki oleh kaum perempuan pada hari ini, sesungguhnya tidak berbeda dari kaum laki-laki. Hanya saja, belum semua menyadari potensi dan memanfaatkannya secara maksimal.

“Ini penting saya sampaikan kepada seluruh perempuan Kabupaten Blora agar tetap menjaga semangatnya, keinginannya, dan targetnya untuk terus maju. Kembangkan bakat yang dimiliki, kuasai, dan ikuti perkembangan teknologi,” ucap Wabup Tri Yuli Setyowati.

“Jadilah perempuan mandiri, kuat, dan tangguh dalam mengarungi kehidupan. Dengan kelembutan, kesabaran, dan keikhlasan membawa perempuan kepada keberhasilan. Seperti halnya perjuangan RA Kartini,” tegasnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj Ainia Shalichah mengungkapkan, dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, perempuan dituntut untuk akrab dengan teknologi digital.

“Perempuan saat ini dituntut untuk mampu menghadapi era 4.0 dengan teknologi digital yang semakin maju. Caranya dengan bergandengan tangan, sesarengan, bersinergi, agar perempuan dapat menyesuaikan diri dan melek teknologi,” jelasnya.

Ainia mendorong perempuan masa kini agar mampu menjaga dan merawat kelestarian lingkungan. Selanjutnya, perempuan masa kini diharapkan dapat berpikir kreatif dan mandiri dalam bidang ekonomi.

Dalam acara peringatan tersebut, turut dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan kepada difabel berupa alat bantu dengar kepada Sofie Dwi Anggraeni, kruk atau kaki buatan kepada Lutfiana Cahaya Dewi, dan kursi roda kepada Ayu Dwi Ningsih.

Meskipun digelar di masa pandemi, upacara yang dirangkaikan dengan resepsi Peringatan Hari Kartini kali ini berlangsung secara khidmat dan sesuai protokol kesehatan. Acara juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Dinkominfo.***

Bagikan ke:

7 thoughts on “Peringati Hari Kartini, Wabup Ajak Perempuan Blora Tangguh-Mandiri

  1. I like what you guys are up also. Such intelligent work and reporting! Carry on the superb works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my site 🙂

  2. I just could not depart your site prior to suggesting that I actually enjoyed the standard info a person provide for your visitors? Is gonna be back often to check up on new posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *