Pendaftaran PPDB SMP Tahap Kedua Dibuka Empat Jalur

EDUKASI

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

PENERIMAAN Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP tahap pertama melalui jalur RW sudah usai dan calon siswa sudah mengantongi tiket masuk sebagai siswa baru.

Untuk SMP Negeri 2 Sukoharjo, siswa yang berhasil masuk diterima sebagai siswa baru dari jalur RW sebanyak 60 siswa.

Kepala SMPN 2 Sukoharjo Sriyono mengatakan, setelah sukses menggelar PPDB SMP tahap pertama, sekarang beralih ke PPDB tahap kedua yang akan diisi dari jalur zonasi kecamatan, jalur afirmasi/dari keluarga tidak mampu, jalur prestasi, dan jalur perpindahan tugas orangtua atau anak dari tenaga pendidik.

KEPALA SMP Negeri 2 Sukoharjo Sriyono.

“Setelah terisi 60 siswa dari jalur RW, kuota kami masih tersedia 93 siswa dari jalur zonasi kecamatan, 43 siswa dari jalur afirmasi, 86 siswa dari jalur prestasi, dan 6 siswa dari jalur perpindahan tugas orang tua/keluarga guru. Jadi total siswa yang kami terima sebanyak 288 siswa, yang terbagi dalam 9 rombongan belajar (rombel),” jelas Kepala SMPN 2 Sukoharjo Sriyono saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (28/6/2021).

Untuk zonasi kecamatan di SMPN 2, ada 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Sukoharjo, Kecamatan Bendosari, dan Kecamatan Grogol.

“Sistem pendaftaran ini, calon siswa baru mengambil nomor antrean terlebih dulu dan protokol kesehatan tetap diutamakan,” kata Sriyono.

Sriyono menambahkan, bagi siapa saja, baik calon siswa baru maupun orangtua wali yang mengantarkan putra-putrinya masuk ke areal SMPN 2 Sukoharjo harus menerapkan prokes, yaitu memakai masker, dicek suhu tubuhnya, mencuci tangan memakai sabun di mengalir, dan harus menjaga jarak, baik di luar maupun di dalam kelas.

“Di tiap kelas, kami melayani pendaftar 10 calon siswa baru. Kami buka pendaftaran mulai pukul 07.00-11.15. Karena saat ini masih suasana pandemi, penerapan prokes bagi siapa saja yang masuk ke areal SMPN 2 Sukoharjo itu wajib hukumnya,” tegas Sriyono.

baca juga:  Peserta Didik-Orangtua/Wali Sangat Nantikan PTM

Lebih lanjut, Sriyono menjelaskan, di PPDB tahap kedua ini, piagam penghargaan sangat membantu, baik dari jalur zonasi maupun prestasi.

“Hal ini berbeda dari jalur RW kemarin, berapa pun nilainya dan memunyai piagam atau tidak, sudah pasti kami terima. Untuk PPDB tahap kedua ini, hasilnya akan kami umumkan pada 30 Juni 2021 dan daftar ulang 2 Juli 2021,” papar Sriyono.

Menurut kalender pendidikan, tahun ajaran baru akan dimulai pada 12 Juli 2021. Namun bagaimana sistem pembelajaran nanti, menurut Sriyono, pihaknya masih menunggu juknis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kalau suasana masih pandemi seperti ini, mau tidak mau ya pembelajaran masih secara daring,” ujarnya.***

Bagikan ke:

1 thought on “Pendaftaran PPDB SMP Tahap Kedua Dibuka Empat Jalur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *