Semarak HUT Ke-76 RI, Warga Blora Diminta Pasang Bendera Merah Putih 1-31 Agustus

NEWS

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

DINAS Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora melaksanakan penyebarluasan informasi kepada masyarakat perihal partisispasi menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021.

Penyebarluasan informasi dilaksanakan lebih awal menggunakan unit mobil pelayanan informasi, Jumat (30/7/2021).

Kepala Dinkominfo Blora Sugiyono mengemukakan, penyebarluasan informasi itu dilaksanakan sebagaimana surat yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Blora menindaklanjuti Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-446/M/S/TU.00.04/06/2021 tanggal 16 Juni 2021 perihal Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021.

Kemudian, menindaklanjuti Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-462/M/S/TU.00.04/06/2021 tanggal 22 Juni 2021 perihal Partisispasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021.

“Adapun subtema HUT Ke-72 RI adalah ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Sesarengan mBangun Blora’,” terang Kepala Dinkominfo Blora Sugiyono.

Selanjutnya, untuk menyemarakkan Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, masyarakat diminta untuk mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh mulai 1-31 Agustus 2021.

Berikutnya, selama rentang waktu yang sama, juga memasang spanduk/baliho, umbul-umbul, dekorasi, dan hiasan lainnya yang penempatannya diatur sedemikian rupa, sehingga tidak mengganggu estetika dan kepentingan.

“Adapun desain spanduk/baliho dapat diunduh melalui link https://bit.ly/HUTRI76Blora,” jelas Kepala Dinkominfo Sugiyono.

Sugiyono menambahkan, warga masyarakat diminta menjaga kebersihan dan keindahan kantor/dinas/instansi/lingkungan masing-masing.

“Tidak melaksanakan lomba, pawai pembangunan, panggung hiburan, dan atau kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa,” terangnya.

Pada 17 Agustus 2021, pukul 10.17-10.20, selama tiga menit, menghentikan semua kegiatan dan berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan serentak. Dikecualikan bagi yang sedang melakukan kegiatan yang berpotensi membayakan diri dan orang lain.

baca juga:  Petugas Gabungan Di Bogorejo Blora Evakuasi Pohon Tumbang, Tidak Ada Korban Dalam Kejadian Respon Cepat Laporan Warga, Petugas Gabungan Di Bogorejo Blora Evakuasi Pohon Tumbang

Berikutnya, pada 17 Agustus 2021, pada pukul 10.00, selama satu menit, jajaran TNI, Polri, instansi pemerintah, swasta membunyikan sirine atau suara penanda lainnya pada saat Detik-Detik Proklamasi.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Blora Ignatius Ary Susanto menambahkan, selain penyebarluasan informasi melalui unit mobil pelayanan informasi keliling, juga dilakukan melalui media sosial dan radio.

“Diharapkan partisipasi warga masyarakat menyemarakkan peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Namun juga harus menaati protokol kesehatan Covid-19,” ucapnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Media Dalam dan Luar Ruangan (Medal) Bidang IKP Dinkominfo Blora Dijan Wahjudi mengungkapkan, penyebarluasan informasi melalui pengeras suara unit mobil pelayanan informasi keliling dinilai masih menjadi daya tarik warga masyarakat.

“Menjadi daya tarik masyarakat, apalagi penyampaian informasinya humanis, sehingga memikat warga untuk menindaklanjuti, berpartisipasi menyemarakkan peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Ini akan dilakukan beberapa kali di beberapa wilayah kecamatan,” kata Dijan.

Dari pantauan, petugas dari Kantor Kesbangpol Blora sudah mulai memasang ribuan Bendera Merah Putih seperti di Alun-alun Blora, depan gapura rumah dinas bupati, depan Makam Sunan Pojok, depan Kantor Bupati Blora, dan tepi Jalan Pemuda, Blora.

Beberapa kantor, dinas, lembaga pemerintah dan swasta sudah memasang umbul-umbul atau dekorasi lainnya di lingkungan masing-masing.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *