Rakor Evaluasi PPKM Level 4 Jawa-Bali, Luhut Sampaikan Tren Penurunan Kasus Covid-19

NEWS

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

BUPATI Arief Rohman beserta jajaran Forkopimda kembali mengikuti Rakor Koordinasi (Rakor) Evaluasi PPKM Level 4 Jawa-Bali secara virtual yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan di Ruang Pertemuan Setda, Sabtu (31/7/2021) siang.

Dalam arahannya, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan sinyal positif mulai nampak dengan turunnya positivity rate persebaran Covid-19.

“Selama satu minggu terakhir, angka kasus harian menunjukkan tren penurunan. Penurunan sekitar 44% dengan indeks komposit stabil, tapi menunjukkan mobilitas yang meningkat seiring dibukanya beberapa fasilitas publik. Mohon ini menjadi perhatian oleh kepala daerah, jangan sampai lengah, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi,” ungkap Luhut.

Disampaikan pula ada beberapa kabupaten/kota yang sudah masuk Level 3, naik kembali ke level 4 dikarenakan tingkat kematian yang meningkat.

“Kabupaten/kota yang sudah berada di Level 3, saya tekankan sekali lagi jangan lengah. Tingkatkan terus sinergitas jajaran Forkopimda untuk menekan angka persebaran Covid-19,” pesan Menko Marves.

“Target kita adalah pengendalian pandemi Covid-19 bukan lagi herd immunity. Cara pengendaliannya adalah dengan memperhatikan angka reproduksi (penularan) Covid-19 yang saat ini masa infeksiusnya 10-14 hari. Angka reproduksi dapat dikurangi dengan cara menerapkan 3M plus 3T ditambah dengan vaksinasi. Saat ini angka reproduksinya di kisaran 1,2%-1,5% kita berharap angka reproduksi dapat turun ke angka reprodukai 0,9% hingga dapat dikatakan menuju terkendali,” kata Luhut.

Sementara Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian menekankan kembali kepada jajaran Forkopimda di daerah untuk terus bersinergi dan meningkatkan kekompakan.

“Kunci keberhasilan penurunan mobilitas dan mencegah kerumunan adalah sinergitas Forkopimda dan kreativitas dalam mengedukasi masyarakatnya. Izin memberikan saran, Pak Menko, kepada para kepala daerah agar memperkuat testing, sehingga lebih cepat mengetahui siapa yang terpapar dan dapat mempercepat tracing,” saran Mendagri.

baca juga:  Kolam Renang Pancuran Desa Dukuh Jadi Tempat Favorit Akhir Pekan Bersama Keluarga

Menanggapi usul tersebut, Menko Marves pun menyarankan kepada pemerintah daerah untuk mempermudah izin klinik dan izin PCR untuk mendukung hal tersebut.

Menteri kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam arahannya kembali menekankan dua hal kepada kepala daerah yang mengikuti rakor evaluasi ini.

“Dua hal yang perlu perhatian gubernur/bupati/walikota, yaitu pertama pastikan Satgas Oksigen dibantu monitor ketersediaan oksigen, yang saat ini menjadi hal yang sangat urgent dan kedua pastikan ketersediaan obat untuk masyarakat yang terpapar Covid-19,” ungkap Menkes.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kesempatan paparannya mengusulkan agar vaksinasi dapat diturunkan per kelurahan, sehingga tidak terjadi kerumunan masyarakat dalam percepatan vaksinasi,

“Izin usul, Bapak, untuk vaksinasi daripada dengan iming-iming pemberian bansos apabila mau divaksin yang berujung digeruduknya pusat-pusat vaksinasi, alangkah baiknya apabila vaksin untuk diturunkan ke kelurahan. Atau kita yang mendatangi/mendekati masyarakat, karena menurut kami itu lebih efektif,” usul Ganjar.

Sesaat setelah mengikuti arahan terkait evaluasi PPKM Level 4 Jawa-Bali, Bupati Arief Rohman pun berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda dan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora.

“Kita tindak lanjuti arahan dari Pak Menko agar Blora bisa turun dari saat ini Level 3 ke Level 2. BOR jangan diturunkan, pasien-pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan lebih baik dipusatkan di satu tempat. Dan untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam vaksinasi, kita gencarkan lagi sosialisasinya,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati Arief Rohman menyampaikan akan mengadakan rapat evaluasi penyaluran bantuan sosial agar lebih tepat sasaran dan tidak tumpang tindih, yang rencananya akan diadakan Senin pekan depan.

Turut memberikan arahan Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Jaksa Agung, Menteri Kominfo yang dilanjutkan dengan diskusi terkait perkembangan penanganan Covid-19 dengan beberapa Gubernur.

baca juga:  PKKMB Univet Bantara Sukoharjo Manfaatkan Tokoh Karjo, Makmur, Minul

Hadir dalam rakor ini, Kepala DPMD Plt Kepala Dinas Kesehatan dan jajaran OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora.***

Bagikan ke:

1 thought on “Rakor Evaluasi PPKM Level 4 Jawa-Bali, Luhut Sampaikan Tren Penurunan Kasus Covid-19

  1. Thank you, I have recently been looking for information about this topic for ages and yours is the greatest I’ve discovered so far. But, what about the bottom line? Are you sure about the source?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *