Sragen Masuk Level 3, Bupati Yuni Sukowati Isyaratkan PTM Mulai Pekan Depan

EDUKASI

Penulis: Sugimin | Editor: Dwi NR
SRAGEN | inspirasiline.com

BUPATI Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengisyaratkan membuka kembali pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah mulai pekan depan, menyusul status Kabupaten Sragen sudah masuk ke Level 3 pekan ini.

Meski perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tetap berlanjut, skema PTM sudah dibolehkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Yang pertama kita prepare (siapkan) untuk tatap muka di sekolah,” kata Yuni, sapaan akrab Bupati Sragen kepada wartawan di Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Selasa (31/8/2021).

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen itu mengatakan, PTM digelar karena sudah ada perubahan status Sragen dari Level 4 ke Level 3.

Namun, Yuni menyebut, PTM nantinya tidak bisa sertamerta digelar serentak semua sekolah, melainkan diawali dengan simulasi beberapa sekolah terlebih dulu.

Menurutnya, simulasi diperlukan untuk mengetahui sejauh mana keamanan dan kesiapan sekolah maupun siswa melaksanakan PTM dengan tetap aman dari risiko penyebaran Covid-19.

Soal berapa sekolah yang akan ditunjuk untuk simulasi, Yuni menyebut baru akan dibahas lebih dulu dengan dinas terkait.

“Hari ini baru saya putuskan gimana baiknya,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen Suwardi mengatakan, sudah ada wacana untuk persiapan PTM.

Dikatakan, dalam pekan ini akan dilakukan pengecekan ke lapangan, sekolah mana yang sudah siap menggelar PTM. Persyaratan menggelar PTM itu ada banyak poin seperti tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, di antaranya sekolah menyediakan sarana prasarana penunjang prokes, ada izin dari orangtua, dan komitmen menjaga jarak serta jumlah siswa dibatasi.

Untuk siswa yang tidak diizinkan oleh orangtua, nantinya akan dilayani secara daring oleh gurunya.

baca juga:  Teken MoU, Bupati Arief Rohman Apresiasi Kesiapan IAIN Pekalongan Bantu Pembangunan Blora

“Iya, kita sudah menyiapkan skema untuk PTM. Nanti teknisnya tetap simulasi dulu, tapi tidak ditunjuk. Mana sekolah yang siap, boleh melangsungkan PTM mulai pekan depan,” tandasnya.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *