Bupati Minta BBWS Pemali Juana Bangun Jalan Kalinanas-Japah

NEWS

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

BUPATI Blora Arief Rohman menerima kunjungan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi bersama rombongan di kantornya, Senin (6/9/2021) siang.

Kunjungan ini dimanfaatkan Bupati untuk berdiskusi tentang pengajuan pembangunan jalan Kalinanas-Japah, akses utama menuju Bendungan Randugunting yang saat ini sedang dikebut penyelesaiannya.

BUPATI Blora Arief Rohman dan Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi mendiskusikan tentang pengajuan pembangunan jalan Kalinanas-Japah, akses utama menuju Bendungan Randugunting. 

“Seiring dengan dikebutnya penyelesaian proyek strategis nasional berupa pembangunan Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah oleh BBWS Pemali Juana, maka kami minta dibantu agar jalan aksesnya juga dibangun dari Kalinanas menuju pertigaan Japah,” ungkap Bupati Arief.

Menurut Bupati, setidaknya jalan yang diajukan untuk diperbaiki ini sepanjang 9 kilometer, yang menghubungkan Desa Kalinanas, lokasi pembangunan bendungan menuju pusat Kecamatan Japah.

“Selain jalan akses bendungan, nantinya ini juga akan menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar. Baik dari segi pariwisata maupun pengembangan potensi wilayah perdesaan. Setelah ada bendungan nanti, pasti Desa Kalinanas dan desa-desa di sekitarnya ikut tumbuh jika jalannya baik. Apalagi di utara bendungan ada potensi wisata Sungai Purba,” tambah Bupati.

Pihaknya pun siap berkoordinasi dengan Perhutani agar pembangunan jalan Kalinanas menuju Japah ini bisa segera dilakukan BBWS Pemali Juana.

“Karena jalannya melalui kawasan hutan, kami siap mendorong dan memfasilitasi perizinannya ke Perhutani, sehingga BBWS Pemali Juana tinggal melaksanakan pembangunan jalannya. Kami berharap semuanya di-rigid beton,” pungkas Bupati.

Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi langsung menyatakan kesiapannya untuk melakukan pembangunan jalan akses dari Kalinanas hingga Japah.

“Sebenarnya kami sudah mengganggarkan pembangunan jalan sepanjang 4,1 kilometer dari Kalinanas ke arah Japah. Namun karena Pak Bupati ingin dituntaskan sampai Japah, maka aka nada tambahan sepanjang 4,9 kilometer. Kami minta dibantu perizinannya ke Perhutani, karena jalannya berada di kawasan hutan,” ucap Adek Rizaldi.

baca juga:  Putra Blora Jadi Korban Musibah KRI Nanggala 402, Bupati Arief Rohman Ajak Warga Doa Bersama

Jike perizinan ini bisa diproses cepat, maka pihaknya memastikan pekerjaan pembangunan jalan bisa segera dimulai pada pekan depan.

InsyaAllah akan di-rigid beton. Rabu besok kami akan lakukan tinjauan lapangan terkait pembangunan jalan ini,” tambah Adek Rizaldi.

Sedangkan tentang pembangunan Bendungan Randugunting, pihaknya menargetkan November nanti akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

“Kami ditarget dari Kementerian PUPR untuk segera menyelesaikan pembangunan bendungannya, agar November nanti bisa diresmikan Bapak Presiden. Rencananya akan diresmikan bersamaan dengan Bandara Ngloram, karena keduanya merupakan proyek strategis nasional yang dibiayai APBN,” ungkap Adek Rizaldi.

Usai pertemuan ini, Bupati Arief Rohman pun langsung menghubungi Kadivre Perhutani Jawa Tengah untuk koordinasi perizinan pembangunan jalan di kawasan hutan dari Kalinanas menuju Japah.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *