Vaksinasi Sasar Ponpes, Gus Yasin: Meski Sudah Divaksin, Jangan Lupa Prokes

NEWS

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

WAKIL Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menghadiri vaksinasi massal di Pondok Pesantren (Ponpes) Al I’anah Kabupaten Blora, Senin (6/9/2021).

Peserta vaksinasi tersebut tidak hanya untuk penghuni atau warga ponpes, namun juga masyarakat sekitar.

Untuk menghindari potensi kerumunan, Taj Yasin meminta kepada TNI dan Polri, Satgas Covid-19, dan tim yang ditunjuk untuk mengakomodasi jalannya vaksinasi.

“Tidak hanya pondok pesantren, kalau ada vaksin massal. Itu potensi masyarakat yang berkerumunnya ada, maka saya minta kepada TNI dan Polri, Satgas Covid-19 dan tim yang ditunjuk untuk mengakomodasi jalannya vaksin,” kata pria yang akrab disapa Gus Yasin ini.

Gus Yasin juga mengingatkan, vaksinasi massal bertujuan untuk kesehatan masyarakat agar segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Vaksin ini tujuannya untuk kesehatan, jadi sebelum berangkat ke sini kita harus tahu terlebih dulu kondisi tubuh kita,” katanya.

Dia pun menegaskan, jangan sampai, nantinya, ketika sudah menerima vaksin, masyarakat jadi abai terhadap protokol kesehatan (prokes).

“Mari kita jaga bersama-sama, jangan sampai kita ingin sehat tapi malah lupa protokol kesehatannya,” ingatnya.

Berdasar hasil tinjauannya, tidak ada kendala soal data masyarakat yang hendak divaksin, seperti beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Gus Yasin meminta kepada petugas agar tetap melayani masyarakat.

Kata dia, apabila nanti ada data yang belum masuk secara daring, maka bisa dilakukan secara manual dulu.

“Saya dapat laporan, vaksinasi di sini (Ponpes Al I’anah) sebanyak 500 dosis. 300 dosis untuk masyarakat dan 200 untuk santri. Intinya kita layani masyarakat. Kalau datanya belum masuk secara daring, ya kita manual dulu. Yang penting semua tercatat dan terdata,” tambahnya.

baca juga:  Pemrintah Kabupaten Kendal Gelar Doa Bersama Penyambutan Tahun 2022

Bupati Blora Arief Rohman yang turut mendampingi Wagub Jateng dalam kegiatan vaksinasi mengatakan, kegiatan kerja sama dengan ponpes adalah hal yang bagus.

Maturnuwun, Pak Wagub, antusias masyarakat Cepu ini luar biasa. Kerja sama dengan pondok pesantren ini bagus sekali, kalau bisa jatah untuk vaksin bisa ditambah, Pak,” pintanya.

Dirinya juga mengatakan, vaksinasi ponpes di daerahnya masih tergolong kecil, yakni hanya 20 persen.

“Kami angkanya sekitar 20 persen. Kalau semakin ditingkatkan, nantinya diharapkan menambah imun bagi masyarakat Blora,” katanya.

Sementara Pengasuh Ponpes Al I’anah K H Mohammad Baidlowi mengatakan, vaksinasi yang didapat adalah vaksin Sinovac dan berjumlah 500 dosis.

“Warga sekitar antusiasnya tinggi, mereka banyak yang tertarik ikut vaksinasi massal ini. Terlebih menurut masyarakat, tempat vaksinasi di sini lebih dekat,” ucapnya.

“Saya berharap semua santri dan masyarakat sekitar bisa lebih meningkatkan kesehatan dan mampu meningkatkan imunnya,” tambahnya.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *