Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat bagi Kader Kesehatan

EDUKASI

Penulis: Budhy HP | Editor: Dwi NR
TEMANGGUNG | inspirasiline.com

UNTUK menggemakan paradigma kesehatan tradisional dan memasyarakatkan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Temanggung menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat bagi Kader Kesehatan.

Kali ini kegiatan sosialisasi dikemas dalam bentuk Lomba Cipta Menu dari Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk program Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Pembinaan Kader Kesehatan di wilayah Puskesmas Pare, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung dilaksanakan di Balai Desa Pare, Jumat (8/10/2021).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan DKK Temanggung dr Taryumi mengatakan, melalui pembinaan kader kesehatan tersebut diharapkan pelaksanaan asuhan mandiri kesehatan tradisional terus berkembang, sehingga pemberdayaan masyarakat mampu mendorong upaya kesehatan mandiri secara tradisional.

“Pengolahan hasil Toga ternyata sangat variatif. Kader kesehatan bisa membuat cipta menu PMT beraneka ragam, di antaranya minuman bunga telang, puding daun kelor, setup lidah buaya, puding beras kencur, dan aneka minuman varian dari jahe jeruk nipis, dan asem,” papar Taryumi.

Kegiatannya sengaja dikemas dalam bentuk lomba cipta menu makanan tradisioanal untuk PMT. Tujuannya agar anak anak mengenal aneka tanaman dalam Toga ternyata dapat dibuat makanan dan minuman yang sehat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, tenaga kesehatan DKK Temanggung, Kepala Puskesmas Pare dan jajarannya, Kepala Desa Pare dan Tim Penggerak PKK, bidan desa, dan para kader kesehatan dari enam desa wilayah Puskesmas Pare.

Hasil penilaian Lomba Cipta Menu PMT, Juara I Desa Bengkal, Juara II Desa Badran, dan Juara III Desa Purwosari.

Sedangkan untuk Senam Germas, Juara I Desa Bengkal, Juara II Desa Badran, Juara III Remaja Desa Ngropoh, serta Juara Harapan I Desa Pare dan Juara Harapan II Desa Purwosari.***

Bagikan ke:
baca juga:  Siswa-Siswi MTsN 4 Sragen Raih 24 Medali Lomba IYSC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *