Dinas Pendidikan Gelar Sosialisasi PPDB

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. Bidang SMP dinas pendidikan dan kebudayaan Sukoharjo menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online  yang dikuti kepala sekolah SD/MI baik negeri maupun swasta se kabupaten Sukoharjo. Karena saat ini masih masa pandemi maka kegiatan sosialisasi tersebut  dibagi menjadi 4 rayon.

Kepala Bidang SMP disdikbud Sukoharjo Warsini  mengatakan bahwa tidak lama lagi akan segera dilaksanakan  PPDB  maka kami sampaikan sosialisasi kepada kepala sekolah SD/MI negeri maupun swasta yang siap ikut PPDB secara online,  sosialisasi juga menghadirkancamat setempat, selain kepada kepala sekolah juga akan kami adakan sosialisasi kepada guru klas VI yang menyasar langsung kepada peserta didik.

Bidang SMP disdikbud Sukoharjo

Lebih lanjut Warsini menambahkan sosialisasi ini kami bagi kedalam 4 rayon yaitu : sub rayon 3 kecamatan Weru, Bulu, dan Tawangsari dilaksanakan Senin (11/4/2022) di SMPN 1 Tawangsari,  sub rayon 1 kecamatan Sukoharjo, Nguter, dan Grogol yang dilaksanakan pada Selasa (12/4/2022) di gedung Graha PRGI. Kemudian sub  rayon 4 kecamatan kecamatan Bendosari, Polokarto, Mojolaban dilaksanankan Kamis (14/4/2022) di gedung Rahayu Mojolaban, dan sub Rayon 2 kecamatan Gatak,  Baki, dan Kartasura dilaksanakan Sabtu (16/4/2022) di SMPN 1 Baki.“Karena masih masa pandemi maka sosialisasi PPDB ini kami laksanakan dalam 4 rayon, “ ujar  Warsini.

Warsini mengatakan untuk PPDB tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya yang mengacu pada Permendikbud no 1 tahun 2021  yaitu: jalur zonasi qoutanya 50 %, jalur apirmasi quotanya 15 %, jalur perpindahan tugas orang tua maksimal 5 %, dan sisanya diisi jalur prestasi. Dimana setiap siswa memiliki 3 pilihan, pilihan pertama sekolah negeri, pilihan 2 sekolah negeri, dan pilihan ketiga sekolah swasta. Untuk Jalur zonasi masih mengakomodir pendaftar dari lingkungan RT/RW setempat.

Dan sebelum PPDB dilaksanakan disdikbud mengadakan peripikasi piagam baik dari prestasi akademik, olah raga maupun bidang seni. Untuk siswa yang mempunyai piagam penghargaan tingkat nasional sudah secara otomatis langsung diterima disekolah manapun pilihannya,  dan berikutnya piagam penghargaan tingkat propinsi, kemudian tingkat kabupaten akan menambah nilai poin tersendiri.  (Prie)

Bagikan ke:
baca juga:  Entaskan Kemiskinan, Dinsos P3A Blora Gelar Pelatihan Membuat Makanan Olahan Di Desa Kepoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *