Kepala Kesbangpol Berharap SIDORA Mampu Berikan Pelayanan Yang Optimal

NEWS

Kendal-Inspirasiline.com. Badan Kesbangpol Kendal melakukan pembinaan dan pengawasan kepada Organisasi Kemasyarakatan, dan melakukan sosialisasi Sistem Pendataan Organisasi Kemasyarakatan (SIDORA), Kamis (21/7/2022) bertempat di Gedung Abdi Praja Kabupaten Kendal.

Kepala Kesbangpol Suharjo menyampaikan, bahwa Ormas adalah organisasi yang dibentuk dan didirikan oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepetingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Suharjo mengatakan, dalam membangun sebuah Organisasi Kemasyarakatan juga harus dituntut untuk mendaftarkan keberadaan lembaganya dan tertib administrasi di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Menurut Kepala Badan Kesebangpol Kendal, dalam rangka meningkatkan pelayanan kinerja ASN dan pelayanan publik, maka Badan Kesbangpol Kendal melakukan sebuah Implementasi aksi perubahan kinerja organisasi dalam rangka untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap organisasi kemasyarakatan yang ada di Kendal dengan inovasi berupa SIDORA (Sistem Informasi Pendataan Organisasi Kemasyarakatan) dengan sistem digitalisasi.

“Digitalisasi ini diharapkan memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi sekaligus memberikan masukan dan kritik yang membangun demi pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Kendal yang lebih baik lagi. Selain itu, juga dapat melakukan pengawasan terhadap keberadaan Ormas yang ada,” jelas Suharjo.

Ia berharap, melalui sistem SIDORA ini dapat memberikan pelayanan yang optimal di bidang pelayanan publik, dan dapat meningkatkan tanggung jawab dan partisipasi pengurus Ormas untuk memberitahukan atau mendaftarkan keberadaan kelembagaan Ormas kepada Pemerintah Daerah melalui Kantor Badan Kesbangpol.

“Selain itu, juga memudahkan dalam pemantauan dan pengawasan Ormas di daerah dan memberikan informasi berupa data secara online tentang keberadaan Ormas yang terdapat di daerah kepada masyarakat,”kata Suharjo.

baca juga:  Ratusan Kayu Diduga Ilegal Disita Perhutani Randublatung Blora Kotak Masuk

Sementara, AKP. Edi Sudarmono mengatakan, bahwa keberadaan Ormas sangat diperlukan sekali bagi kemajuan suatu daerah, mengingat peran Ormas sangat penting demi mewujudkan keamanan dan kesejahteraan yang menyeluruh.

“Manfaat Sidora dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan keberadaan suatu Ormas tersebut di daerahnya masing-masing. Sedangkan dari pihak ormas akan dimudahkan dalam mengarsipkan dokumen digital setiap per periodenya yang tersimpan rapi dan mudah diakses dari manapun,”punhkas Edi. (eko)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *