Kwarcab Kota Tegal Adakan Bimtek Pengelolaan Pangkalan Saka Pramuka

EDUKASI

Tegal-Inspirasiline.com. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda)  Jawa Tengah menyeelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Pangkalan Satuan Karya Pramuka (SAKA) tahun 2022.  di Kwartir Cabang Kota Tegal pada 17-20 Oktober 2022  di Aula  Sanggar Pramuka, Jalan HangTuah no .23 Kota Tegal.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Pangkalan Saka dibuka oleh Ketua Kwarcab Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST.,MM., pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan Bahwa kebutuhan dan perkembangan Gerakan Pramuka menghendaki agar satuan karya (SAKA) dapat menyesuaikan dengan perkembangan kelembagaan negara, kemajuan dunia kerja serta pertumbuhan profesi baru akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi dan seni, supaya lebih menyerap aspirasi peserta didik.

Sehingga anggota saka yang nota bene adalah para generasi muda, perlu menguasai kecakapan seperti serangkaian pengetahuan, sikap dan kecakapan kejuruan yang berkaitan dunia kerja, baik dunia kerja kerelawanan, kewirausahaan dan pengabdian masyarakat.

” Sekarang ini, keterampilan yang di peroleh di pangkalan saka lebih menjurus pada kecakapan vokasional, sehingga diharapkan mampu memasuki dunia kerja secara  profesional.” kata Jumadi.

” Tugas Kakak-kakak selaku pengelola satuan karya Pramuka nampaknya sangat berat. Namun kalau kita memahami bahwa tugas pembinaan generasi muda adalah tanggung jawab kita bersama-sama. Dan dalam lingkungan organisasi Pramuka tanggung Jawab tersebut di laksanakan secara kelembagaan dan bersifat kolegial bukan perorangan, maka semuanya akan menjadi mudah. Tentunya harus dilaksanakan dengan penuh suka rela, ikhlas dan riang gembira.

Beliau juga berpesan bagi saka-saka yang sudah aktif seperti saka Bhayangkara, Bahari,Wira Kartika dan Kalpataru tingkatkan aktifitas dan pengabdiannya kepada masyarakat pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama pula Kak Surip, S.Pd., M.Pd selaku Koordinator Kegiatan Bimtek yang di fasilitasi dari Kwarda Jawa Tengah menyampaikan tujuan di adakan kegiatan ini adalah Memiliki sumber daya manusia sebagai pimpinan saka, pamong saka, instruktur saka dan dewan saka yang memadai, menerapkan manejemen  dan pengelolaan administrasi yang efektif dan efisien di mulai dengan melaksanakan musyawarah pangkalan saka, Mampu menyusun dan melaksanakan program kerja, program latihan di pangkalan saka dan mampu melaksanakan ujian syarat kecakapan khusus (TKK)  bagi anggota  yang mengarah pada kecakapan hidup.

Materi bimtek anatara lain, Fundamental kepramukaan, profil pangkalan saka yang dinamis dan produktif, Peraturan satuan karya Pramuka, Kreasi job creation dan ketrampilan vokasional, pengelolaan pangkalan saka dan Program kerja pangkalan satuan karya (saka). Hadir dalam acara itu,  Roro Nawang Wulan dari Kwarda Jateng, Bambang Suwidagdo, SH., M.AP Waka Bina satuan, M.Ali Masruri, S.Ag., M.Pd.,Waka Binawasa, Sudoro, S.Pd.,M.M., waka Organisasi dan Hukum, M.Chaerudin, S.Pd Waka Humas dan Abdimas, Agung Santiaji, SIP., MM Sekretaris Kwarcab, Muchtar, S.Pi., Mtr.Pi., Kapusdiklat, Pelatih, Pimpinan saka, pamong saka, Instruktur Saka dan Dewan Saka Bhayangkara, Bahari , Wirakartika, Bhakti Husada dan Kalpataru. (Biet)

Bagikan ke:

9 thoughts on “Kwarcab Kota Tegal Adakan Bimtek Pengelolaan Pangkalan Saka Pramuka

  1. Its such as you learn my thoughts! You seem to understand a lot approximately this, like you wrote the guide in it or something. I believe that you simply can do with a few p.c. to pressure the message house a bit, however other than that, that is magnificent blog. A fantastic read. I’ll certainly be back.

  2. You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be actually something that I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I’m looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!

  3. Fantastic goods from you, man. I have remember your stuff previous to and you are simply extremely great. I actually like what you have obtained here, really like what you’re saying and the way in which through which you say it. You are making it enjoyable and you continue to take care of to stay it smart. I can’t wait to learn far more from you. That is really a tremendous website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *