Festival Panahan Di Kendal Diikuti Dari Berbagai Daerah

NEWS

Kendal-Inspirasiline.com.  Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) Kabupaten Kendal menggelar Festival Panahan Kabupaten Kendal tahun 2022 di Stadion Madya Kendal Minggu (13/11).

Sebanyak 400 peserta panahan kategori U-10, U-12, 10, U-15 dan U-18 dari berbagai daerah di antaranya Jateng, Jatim, DIY, Jabar dan DKI Jakarta antusias mengikuti Festival Panahan ini.

Ketua Perpani Kabupaten Kendal, Sulistyo Ari Bowo mengungkapkan, kegiatan festival panahan ini diikuti oleh sekitar 400 peserta dari berbagai daerah. Selain itu pihaknya juga menggelar pelatihan pelatih panahan untuk SD, SMP, SMA sederajat pada Sabtu kemarin, 12 November 2022.

“Olahraga panahan ini bagi yang muslim merupakan sunah. Jadi meskipun ada prestasi atau tidak ada prestasi mereka tetap berlatih.Kita memang hari ini mencoba untuk mendorong olahraga panahan ini agar bisa mengoptimalisasi dari prestasi,”kata Sulistyo Ari bowo.

Sulistyo Ari bowo yang juga anggota DPRD Kendal Komisi C mengatakan, tidak hanya festival panahan, namun pihaknya juga menggelar pelatihan pelatih panahan untuk SD, SMP, SMA sederajat, dengan tujuan agar banyak pelatih panahan di Kabupaten Kendal.

“Jadi kemarin kita adakan pelatihan pelatih panahan untuk SD, SMP, SMA sederajat.  Hampir semua sekolah itu banyak memiliki alat-alat panahan tapi belum optimal dari sisi prestasi mereka. Bibit-bibit itu bisa muncul ya karena sisi pengetahuan dan pelatihan yang bagus,” ungkap Ari Bowo.

Lanjutnya, dari lima atlet panahan yang dikirim ke Pra Porprov, hanya ada satu atlet panahan yang berhasil lolos ke Porprov Jateng 2023.

Kepala Dinas Kepemudaaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, mengatakan Pemkab Kendal akan selalu memberikan support terhadap kegiatan panahan ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemkab Kendal dengan Perpani maupun KONI Kendal.

baca juga:  Bea Cukai Tegal Bersinergi Dengan Satpol PP Sosialisasikan Rokok Illegal

“Kalau kita sangat support, ini termasuk sebagai bentuk sinergitas dengan cabang olahraga, termasuk dengan KONI dan Perpani. Untuk pelaksanaan kegiatan kita juga menyediakan anggaran untuk kegiatan pelatihan pelatih dan festival panahan hari ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Kendal Subur Isnadi, berharap melalui festival panahan ini, kedepan akan muncul bibit-bibit baru berprestasi di cabang olahraga panahan.

“Memang jujur saja selama ini, panahan di Kendal tidur panjang. Harapan kami dengan event seperti ini bisa bangkit dan menggali bibit-bibit unggul untuk Kendal yang bisa tampil di event-event lebih luas,” ungkap Subur Isnadi.

Salah seorang peserta Panahan asal Klaten, Muhammad Zaky, mengaku senang mengikuti festival panahan.

“Saya ikut dalam kategori U-12. Intinya harus fokus dan tenang agar bisa tepat sasaran,” katanya. (eko)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *