Awali Tahun 2023, Bupati Sragen Resmikan Pasar Sukowati

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Warga Sragen layak berbangga. Setelah 8 bulan menunggu selesai pembangunannya,  Pasar Sukowati atau yang dikenal dengan Pasar Nglangon diresmikan  Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Senin (2/1/2023)

Pasar Sukowati nantinya bisa menampung seluruh Pedagang Pasar Nglangon dan Pasar Joko Tingkir serta warga Kios Renteng Nglangon.

“Proyek Pasar Sukowati ini menjadi Perhatian Publik dan akhirnya jadi. Pasar ini dibangun di lahan seluas 24.700 Meter Persegi dan luas bangunan 14.900 Meter Persegi. Ketika kami hendak membangun Pasar Kota ternyata terkendala dan akhirnya membangun Pasar Nglangon,” Ungkap Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya.

Pembangunan Pasar Sukowati yang terletak di Kelurahan Karangtengah itu kata Bupati selain dapat meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi seputaran Nglangon, juga untuk membersihkan Stigma Negatif yang melekat di Pasar Nglangon.

Tidak hanya itu pada tahun 2019 lalu, Pasar Nglangon mengalami musibah kebakaran hebat yang menyebabkan beberapa bangunan bahkan Kantor Pengelola Pasar tidak dapat digunakan.

“Kondisi Pasar Nglangon dan Joko Tingkir sudah sejak dulu menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi kita semua. Selain karena Kondisi Pasar yang sudah tua dan memprihatinkan ditambah Stigma Negatif Pasar Nglangon sebagai tempat Lokalisasi terselubung dan Daerah merah penyumbang terbesar HIV/AIDS di Kabupaten Sragen,” Lanjutnya.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyatakan, Sosialisasi soal Relokasi sudah dilakukan kepada 887 Pedagang Pasar Nglangon, Pasar Joko Tingkir, dan warga Kios Renteng Nglangon. Sosialisasi digelar menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen.

“Rencana boyongan, kita harus siapkan dulu karena masih ada pengundian dan penempatan yang, awalnya kita nomori dulu, setelah undian baru kita boyongan,” Ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen, Cosmas Edwi Yunanto mengatakan, Pasar ini mampu menampung 887 Pedagang.

baca juga:  Menyambut Kemerdekaan RI OPD Kabupaten Sragen Mengikuti Lomba Olah Raga Tradisional

“Ada Fasilitas dua Kantor Pengelola Pasar, tempat Pertemuan Pedagang, Ruang Laktasi, Toilet, Tempat Pembuangan Sampah, dan lainnya. Rencana Relokasi dilakukan dengan Sistem Zonasi. Nanti ada pengundian berdasarkan Zonasi,” Ungka Cosmas Edwi Yunanto

Terkait Relokasi Pedagang, Cosmas Edwi Yunanto menjelaskan, nanti akan menerapkan Sistem Zonasi atau Pengelompokan Komoditas jualan sesuai SNI 8152:2021 Pasar Rakyat.

“Untuk menaikkan Lokasi jualan per Pedagang agar adil bagi semua pihak akan menerapkan Sistem Undian per Zonasi,” Ubgkapnya menjelaskan.

Fasilitas yang tersedia di Pasar Sukowati ini selain dapat menampung semua Pedagang Pasar Nglangon, Pasar Joko Tingkir dan Kios Renteng yang berjumlah 887 orang, juga ada Kantor Pengelola Pasar, Mushola, Ruang Pertemuan Pedagang, Ruang Lactasi/Ruang Menyusui, Kamar Mandi / MCK, Ruang tera dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *