Kandang Estetik Buatan Fahmi Kalijambe Beromzet Hingga 20 Juta Rupiah

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Sejak beberapa waktu terakhir, jumlah Pengusaha Muda di Indonesia tumbuh pesat. Banyak Anak-anak Muda, termasuk Pemuda Desa yang memilih menggeluti berbagai Bidang Usaha, selain bekerja sebagai Buruh atau Pegawai.Tak hanya menjalankan Usaha, para Pengusaha Muda Desa ini pun telah mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mempromosikan Produknya. Sehingga, keberadaan mereka secara nyata Ikut Berkontribusi mengurangi Angka Respons dan Menciptakan lapangan kerja baru.

Salah satu Pemuda Desa yang memilih menjadi Pengusaha Muda, diantaranya Fahmi Rachmanda Putra. Pemuda (28) Kelahiran 1994, asal Dusun II, Desa Sambirembe, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen ini bahkan sudah memiliki 5 orang Karyawan dengan Omzet hingga Rp 10 Juta-Rp 20 Juta Rupiah per Bulannya.

Pembuatan Kandang Hewan Peliharaan Estetik merupakan Usaha yang dipilih Fahmi. Fahmi sapaan akrabnya sudah mulai merintis usahanya itu sejak Tahun 2015 lalu saat masih duduk dibangku Kuliah.

“Yang saya buat ada Kandang atau Perlengkapan Hewan seperti Kelinci, Kucing, Anjing, Marmut, Landak Mini, Hamster, dan Kura- kura,” Ungkap Fahmi.

Awal mula Fahmi  mempunyai Ide untuk membuat Usaha Kerajinan Kayu Kandang Hewan Ternak ketika Kerja Paruh waktu disalah satu Pabrik Mebel Kalijambe.

“Dulu waktu Kuliah Llibur, saya kerja Part Time di Pabrik Mebel Kalijambe yang memproduksi Furniture seperti Meja, Kursi yang Antik- antik. Saya perhatikan Proses Pembuatannya cukup mudah, kemudian dari situ saya punya Ide untuk bikin Kerajinan dari Kayu tapi berbeda dengan yang dihasilkan dari tempat kerja saya dulu,” Ungkapnya.

Pemuda Lulusan UIN Raden Mas Said Surakarta, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah ini mengaku awalnya tidak punya Basic sebagai Perajin Kayu. Bahkan beberapa kali Fahmi juga pernah mendapat Complain dari Customernya. Meski begitu, tak menyulutkan semangatnya untuk terus mengembangkan usahanya dengan terus belajar.

baca juga:  Pasar Bahulak Desa Karungan Masuk Nominasi Nasional IGA 2022

“Pernah ada beberapa yang mengeluh, terus saya perbaiki Kualitas dengan mempelajari jenis-jenis dan Sifat Kayu yang saya Produksi. Alhamdulillah, sekarang nggak ada Komplain lagi,” Ungkap Fahmi.

Kreativitas untuk pembuatan Kandang Hewan ternaknya juga merupakan unsur yang penting agar Kerajinan Kayu hasil buatannya tetap terlihat Estetik. Jenis Kayunya-pun, Fahmi  pilih Jenis, Jati, Mahoni, dan Jati Belanda. Saran jenis Kayu juga berpengaruh dengan Kualitas Hasil Produknya.

“Saya ikuti Pasaran Model Kandang terbaru seperti apa yang diminati Pecinta Hewan. Yang laris seperti apa yang kami buat, jadi Ready Stock. Kalau Customer pingin Custom juga bisa, tapi butuh waktu Pengerjaan sekitar 4 Hari- 1 Bulan. Tergantung Ukuran, Model, Jenis Bahan dan Jumlah barang, karena kadang ada satu Customer yang pesan banyak,” Urainya.

Fahmi memasarkan hasil Produksinya lewat Media Sosial (Medsos) dengan nama Rachma Jaya Wood Craft, yang diunggah di Facebook, Instagram hingga semua Marketplace. Sehingga tak heran jika Produknya sudah dikirimkan ke seluruh Indonesia.

“Kalau di Sragen Pecinta Hewan Peliharaan masih sedikit, jadi rata-rata pemesannya mayoritas dari Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Karena sementara segmentasinya menengah ke atas,” lanjutnya.

Sementara terkait harga, Fahmi menjual hasil produksinya mulai dari Rp. 20 ribu, dan paling mahal di kisaran harga Rp. 5 juta.

Untuk pemesanan dapat menghubungi nomor WhatsApp 0857-2888-5495.( Sugimin/17- Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *