Sebagian Warga Lasem Melihat Gerhana Mstahari Menggunalan Teleskop

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Fenomena gerhana matahari disambut antusias warga Lasem. Di Masjid Jami’ Lasem digelar peragaan teleskop untuk memantau.

Ada satu teleskop yang disiapkan Kamis (20/4). Sekitar pukul 09.00 seperangkat alat teropong itu sudah dipasang. Kemudian disambungkan ke proyektor, agar penampakan matahari bisa terlihat. Di Masjid Jami’ juga menggelar salat gerhana.

Dilihat dari proyektor, nampak ada lingkaran berwarna kuning kemerahan. Itu merupakan matahari. Dari situ bisa terlihat tentang tahapan-tahapan terjadinya gerhana. Sekitar pukul 09.40, kondisi matahari sudah nampak sedikit tertutup.

Fenomena ini terjadi karena posisi bulan tepat berada diantara bumi dan matahari. Sekitar pukul 10.14, nampak sekitar seperempat bagian matahari tertutup. Warga yang selesai melaksanakan salat gerhana langsung keluar menyaksikan.

Namun, fenomena alam ini tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Harus menggubakan kacamata gerhana. Kemarin di Masjid Jami juga sudah disediakan. Terbuat dari kertas, memiliki lensa berwarna hitam pakat. Hanya bisa digunakan untuk melihat matahari.

Muhammad Farid Azmi, Dosen Ilmu Falak Universitas Islam Negeri (UIN) Pekalongan, yang juga menjadi operator teleskop menjelaskan, gerhana matahari dilasem dimulai dari pukul 09.30 sampai dengan 12.15. Puncaknya akan berlangsung pada 10.53.

“Ukuran gerhananya hanya 53 persen. Jadi setengahnya saja. Yang total itu di Papua, Timor Leste, durasinya 2 jam 50 menit kalau di Lasem,” ujarnya.

Untuk gerhana matahari sebagian, kata dia, memang berbahaya apabila dilihat dengan mata telanjang. Sebab, berpotensi membutakan mata. Sehingga untuk melihat perlu menggunakan filter khusus sebagaimana yang terpasang di kacamata gerhana.

“Kalau di teleskop (filter, Red) dipasangkan di depan,” ungkapnya.

Anak-anak dan warga pun nampak antusias menyaksikan gerhana. Sesekali matahari tertutup awan, sehingga tidak nampak. (yon daryono).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *