Parade Wisudawan Usung Budaya Lokal Meriahkan Khutbah Wada’ SMP Mutual Magelang

NEWS

Magelang-Inspirasiline.com. Parade wisudawan siswa siswi peserta Khutbah Wada’ menyemarakkan Wisuda purna siswa SMP Muhamadiyah 1 Alternatif (SMP Mutual) Kota Magelang di hotel bintang 5 di Kota Seribu Bunga. Kegiatan tersebut sekaligus penyerahan kembali siswa kelas 9 kepada orang tuanya, Kamis 8 Juni 2023.

SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (SMP Mutual) Kota Magelang Jawa Tengah menggelar Khutbah Wada, atau Wisuda Purna Siswa dengan gegap gempita dan kemegahan parade wisudawan. Kegiatan ini merupakan serangkaian pelepasan purna siswa untuk dikembalikan kepada orang tuanya.

Sejumlah 207 wisudawan SMP Mutual Magelang terbagi dalam 7 etape parade, memasuki ruang Khutbah Wada’ di hotel Grand Artos Magelang. Iringan gending Jawa merupakan pembelajaran nguri-uri budaya Jawa. Demikian pula pembawa acara mengantarkan seluruh rangkaian acara nya dengan bahasa Jawa.

Kepala sekolah SMP Mutual Magelang Wasi’un mengatakan, jumlah siswa yang diwisuda di acara khutbah Wada’ adalah 207 siswa-siswi, mereka lulus semua atau 100 persen kelulusan. Jumlah tersebut berasal dari 7 kelas yaitu kelas Al Gazali, Al Khawarizmi, Al Kindi, Al Farabi, Al Razi, Al Biruni dan Al Battani.

Para guru SMP MUTUAL berderet di depan panggung untuk menerima Bakti Guru dari siswa

“Tema Khutbah Wada’ juga merupakan perwujudan nguri-uri budaya Jawa dan melestarikan kearifan lokal, yaitu “Anteping Laku Bebarengan Nggayuh Lintang” yang memiliki makna kebersamaan yang mantap dalam usaha menggapai cita-cita yang tinggi “, tutur Wasi’un.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Kota Magelang, PD Aisyiyah, Jajaran Majelis  Dikdasmen, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, lembaga IKWAM, Komite Sekolah dan para orang tua siswa kelas 9.

Ketua PDM Kabupaten Magelang Rifqi Muhammad memberikan apresiasi atas keberhasilan SMP Mutual Magelang dalam mendesain Sebagai Sekolah Unggulan. “SMP Mutual terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Kota Magelang merupakan sebuah transformasi dengan  capaian-capaian dalam programnya sesuai dengan visi Membawa Kota Magelang menjadi Masyarakat Maju Sehat dan Bahagia”, tandas Rifki.

baca juga:  Meriahkan Pasar Kuliner Tempo Dulu, Warga Kampung Turi Kirab Gunungan Hasil Bumi

Seperangkat gamelan disediakan di panggung wisuda dan para siswa mengalunkan irama musik gending, sembari malantun tembang macapat, merupakan manifestasi belajar nguri-uri budaya Jawa.

Anita Indriyani orang tua siswa ikut berharap keberhasilan tersebut teru dipertahankan dan ditingkatkan. Ini tidak terlepas dalam bidang pendidikan yang terus digaungkan untuk mewujudkan generasi yang berkarakter dan bermartabat.

Hal senada diungkapkan Mudric Saifuddayan orang tua siswa yang menilai keberhasilan ustadz ustadzah SMP Mutual mampu membawa perubahan akhlak siswa siswinya menjadi lebih mandiri, solih dan solihah.

Dalam kurun waktu 2 tahun ini, SMP Mutual telah menambah prestasinya lebih dari 300 medali atau piala dari tingkat kota dan kabupaten, provinsi hingga nasional. (Budhy HP)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *