Era VUCA, ASN Sragen Dituntut Miliki Skill, Knowledge Dan Motive

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Memasuki Era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) Pada Tahun 2023, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sragen dituntut Memiliki Tiga Kompetensi (Kemampuan dan Karakteristik) Berupa Pengetahuan (Knowledge), Keterampilan (Skill) dan Motif (Motive) Yang Diperlukan Dalam Menjalankan Tugas dan Tupoksinya.

VUCA merupakan Fenomena Dimana Terjadi Perubahan Sangat Cepat, Tidak Terduga, Dipengaruhi Oleh Banyak Faktor Yang Sulit Dikontrol Bahkan Kebenaran Serta Realitas Menjadi Sangat Subyektif.

“Ini Bagian Suatu Keharusan Untuk Menghadapi Tantangan Zaman, Kita Harus Dituntut Meningkatkan Skill, Knowledge, dan Motive ,” Ungkap Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Kepada Para ASN Muda Penerima Surat Keputusan (SK) Yang Hadir Di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Jumat (16/6/2023) Siang.

Pesan Yang Disampaikan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Itu Sekaligus Dalam Acara Penyerahan SK Untuk 329 ASN, Yang Terdiri Atas SK CPNS Dari Formasi STTD Tahun 2022 (2 Orang), SK PNS Formasi Tahun 2021 (60 Orang), SK PNS Formasi Tahun 2019 (1 Orang), SK PPPK Formasi Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan Tahun 2022 (260 Orang), dan 6 PNS Formasi 2019 Yang Belum Mengikuti Sumpah Janji Pada Tahun Lalu.

“Kalian Para ASN Muda Harus Bisa Mewarnai Jalannya Roda Pemerintahan Dengan Warna Yang Indah. Tunjukkan Bahwa Kalian Adalah Abdi Negara dan Abdi Masyarakat Yang Memiliki Disiplin, Loyal Kepada Pimpinan, Memiliki Kompetensi Dibidang Tugasnya Masing-Masing, Memiliki Attitude Yang Baik, dan Yang Utama Selalu Takutlah Pada Tuhan Yang Maha Esa,” Ungkap Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati menegaskan

Menurutnya Perubahan Zaman Yang Begitu Cepat Menuntut ASN Mempunyai Kompetensi Yang Mumpuni Agar Bisa Bersaing Di Era VUCA. Karena Perubahan Yang Serba Cepat Tersebut Maka ASN Harus Bisa Beradaptasi dan Bekerja Dengan Cepat Pula, Salah Satu Contohnya Respon Tindaklanjut Instruksi Atau Kebijakan Yang Diturunkan Oleh Pusat.

Dengan Begitu, ASN Dapat Semakin Berkontribusi Di Era VUCA Ini Dengan Cara Mengubah Mindset Atau Cara Pandang Terhadap Masalah, Responsif Dengan Kebutuhan Masyarakat, Upgrade Dengan Teknologi Saat Bekerja, dan Orientasi Dalam Efektivitas dan Efisiensi Untuk Menuju Pada Budaya Kerja Baru.

“Seperti Komitmen Kabupaten Sragen Dengan Beragam Inovasinya. Jadi, ASN Juga Akan Terus Terlatih Untuk Berinovasi, Komitmen dan Kompak Dalam Fungsinya Yakni Sebagai Pelaksana Kebijakan dan Dalam Memberikan Pelayanan Publik,” Ungkap Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati menekankan

Sebagai Pembina ASN Kabupaten Sragen, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Meminta Mereka Siap Menghadapi Era Disrupsi Digital, Sekaligus Melakukan Perubahan Mindset Sebagai Respons Yang Tepat Dalam Menghadapi Dunia Yang Berubah Serba Cepat.

“Lalu Apa Yang Perlu Dirubah ?, Diera VUCA Birokrasi Tentu Kita Dapat Bekerja Lebih Fleksibel, Proaktif, Adaptif dan Kolaboratif Terhadap Ketidakpastian. Disisi Lain Juga Sangat Diperlukan Untuk Menciptakan Kebijakan Memberikan Layanan Publik Yang Lebih Baik dan Sesuai Kebutuhan,” Ungkapnya.

Terkait, Tiga Karakteristik Kompetensi Yang Harus Dimiliki ASN Seperti Pengetahuan (Knowledge), Keterampilan (Skill) dan Motif (Motive).

Pengetahuan Berperan Penting Dalam Meningkatkan Kualitas ASN Untuk Mendukung Pilar-Pilar Pembangunan. Kemudian, Motif Bagi ASN, Sebagai Dorongan Untuk Bekerja Lebih Baik Lagi Tentunya Didukung Dengan Adanya Ide Atau Inovasi Baru Agar Pelayanan Yang Ada Di Masyarakat Terasa Lebih Mudah.

Selain Itu, Mereka Juga Harus Mampu Untuk Menyeimbangkan Kemampuan dan Kompetensi Hard Skills dan Soft Skills Yang baik, Tergantung Pada Jabatan Yang Diampu.

“ASN Harus Bisa Menjadi Mitra Yang Baik dan Berharga Bagi Pimpinan Dalam Mengelola Pemerintahan Sesuai Visi dan Misi Serta Tujuan Dari Suatu Pemerintahan Itu Sendiri. Tentunya Untuk Mensejahterahkan Masyarakat Karena Kita Pelayan Nasyarakat,” Ungkapnya. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *