KPU Rembang Ajukan Anggaran Pilkada Tahun 2024 Rembang Rp 28 Miliar

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang telah menetapkan dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun depan. Yakni sebesar Rp 28 miliar. Dana tersebut akan dicover Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) II Rembang.

Ketua KPU Rembang dokter M Ika Iqbal Fahmi mengutarakan, dalam pelaksanaan Pilkada nanti akan ada sharing anggaran antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten.

Ketentuan penganggaran tersebut berdasarkan poin-poin kegiatan yang akan ditanggung.

“Misalkan seperti kegiatan Bimtek ke Provinsi akan dicover APBD Provinsi,” terang Iqbal.

Proses pengajuan anggaran ini telah dilakukan sejak tahun lalu. Iqbal menyampaikan, bahkan akhir tahun 2021 KPU telah mengajukan anggaran kepada Pemkab Rembang sebesar Rp 65 miliar.

Dengan asumsi, kegiatan-kegiatan akan dicover melalui APBD kabupaten seluruhnya. Setelah ada keputusan sharing, pihaknya mencoba merasionalisasi sehingga diajukan kembali Rp 41 miliar.

Setelah itu, lanjut Iqbal, KPU merasionalisasi kembali ketika telah ada ketentuan soal poin-poin atau pos mana saja yang akan ditanggung oleh APBD Provinsi maupun Kabupaten.

Dari perencanaan tersebut munculah angka Rp 28 miliar yang akan diajukan kepada Pemkab Rembang.

“Setelah ada poin-poin pos-pos mana yang dicover Provinsi dan Kabupaten, kami rasionalisasi dan ketemu Rp 28 miliar,” ujarnya.

Iqbal menjelaskan angka Rp 28 miliar tersebut nantinya akan dicover melalui Anggaran Kabupaten. Sementara sisanya akan ditanggung oleh pemerintah Provinsi.

“Sesuai dengan kegiatan-kegiatannya. Misalkan mencetak buku panduan untuk KPPS, itu nanti yang nyetak dari Provinsi,” jelasnya.

Disinggung soal pencairan pihaknya mengaku saat ini belum masuk pada tahapan tersebut.

“Belum tahapan. Ini baru pengusulan, belum ada kesepakatan. Biasanya ada NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dengan bupati,” jelasnya. (yon daryono).

Bagikan ke:
baca juga:  TERLALU, Seorang Gadis Dibawah Umur di Klambu Grobogan "Digilir" 6 Pemuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *