Operasi Zebra Candi 2023 Polres Jepara Berlangsung 14 Hari

NEWS

Jepara-Inspirasiline.com. Kepolisian Resor (Polres) Jepara resmi menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Candi 2023, mulai hari ini, Senin (4/9/2023).

Operasi dengan mengusung tema “ Kamseltibcar Lantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024” ini, berlangsung selama 14 hari atau dari tanggal 4 hingga 17 September 2023, serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

Pengecekan sarpras operasi

Pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023 Polres Jepara ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Apel Mapolres Jepara yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko dan didampingi oleh Wakapolres Jepara Kompol Berry serta Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifuddin Widianto.

Saat dikonfirmasi setelah pelaksanaan apel, Kompol Berry yang mewakili Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, bahwa operasi ini bersifat cipta kondisi kamseltib menjelang pergelaran Operasi Mantap Brata 2023, sampai dengan 2024.

Dengan digelar operasi zebra candi 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib patuh dan disiplin dalam berlalu lintas.

Sehingga dalam kesempatan itu, ia meminta untuk mencapai hasil operasi maksimal membutuhkan koordinasi.

Dan peran, serta seluruh instansi terkait, forum komunikasi lalu lintas secara terpadu, bersinergi untuk mengatasi.

Hambatan, dan permasalahan, ada di lapangan sehingga situasi lalu lintas tetap kondusif dan terjaga di tahun politik ini.

“Perlu saya tekankan kembali kepada seluruh jajaran pelaksanaan Operasi Zebra, jaga sikap dan nama baik institusi Polri,” ujarnya.

Sehingga tidak menciderai tujuan dari operasi ini secara normatif prosedural dan menjunjung tinggi etika kepolisian,imbuhnya.

Dengan operasi zebra candi diharapkan bisa menalin koordinasi dan meningkatkan sinergitas lintas sektoral, sehingga setiap hambatan dalam pelaksanaan tugas dapat diatasi secara terpadu.

Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Basirun menambahkan, bahwa sejumlah pelanggar akan menjadi sasaran, salah satunya adalah pengendara yang menggunakan ponsel di jalan.

baca juga:  Menarik, Peringati Hari Guru Nasional Ke 78 SDN 2 Tambirejo Grobogan Deklarasikan Zero Waste

Adapun yang menjadi target atau sasaran dalam operasi zebra candi ini, yaitu pengendara yang menggunakan ponsel, pengendara yang masih di bawah umur, pengendara roda dua yang lebih berboncengan lebih dari satu, pengendara roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara motor dalam pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

Ia juga menjelaskan tujuan utama dari Operasi Zebra Candi ini adalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), dimana dalam pelaksanaan tugasnya lebih mengedepankan preemtif dan preventif.

“Operasi Zebra Candi Polres Jepara ini, kita tidak memfokuskan penegakan hukum, namun penegakan hukum akan dilakukan bila sangat terpaksa, selebihnya kita lakukan peneguran, preemtif dan preventif,” tuturnya.

Selain untuk menciptakan Kamseltibcarlantas, Ipda Basirun juga menyampaikan Operasi Zebra Candi ini juga dalam rangka persiapan Pemilu 2024 mendatang.

“Untuk tujuan jangka panjang, Operasi Zebra Candi yang merupakan cipta kondisi ini juga untuk persiapan Pemilu serentak 2024, bagaimana kami dari Kepolisian memberikan kelancaran dalam Pemilu mendatang,” tandas Basirun.

Dengan dilaksanakannya Operasi Zebra Candi 2023 Polres Jepara, Ipda Basirun pun berharap masyarakat pengguna jalan menjadi lebih disiplin.

“Harapan yang ada, selain menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan, tentunya juga bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Pihaknya mengimbau kepada para pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat agar tetap menaati peraturan berlalu lintas.  (Pri)

Bagikan ke:

24 thoughts on “Operasi Zebra Candi 2023 Polres Jepara Berlangsung 14 Hari

  1. What i do not realize is actually how you’re now not actually a lot more neatly-appreciated than you might be now. You are so intelligent. You understand thus significantly in relation to this subject, produced me for my part consider it from a lot of various angles. Its like women and men don’t seem to be interested until it’s one thing to do with Girl gaga! Your personal stuffs excellent. All the time take care of it up!

  2. I’m not sure where you’re getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for magnificent information I was looking for this info for my mission.

  3. Terrific work! This is the type of info that are supposed to be shared around the net. Shame on Google for now not positioning this publish higher! Come on over and visit my web site . Thank you =)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *