Ciptakan Kamseltibcarlantas Yang Kondusif, Polres Sukoharjo Gelar Operasi Zebra Candi 2023

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif, Polres Sukoharjo menggelar Operasi Zebra Candi 2023. Operasi dibuka dengan Apel Gelar Pasukan di Mapolres Sukoharjo, Senin (4/9/2023).

Operasi Zebra Candi 2023 sendiri digelar selama 14 hari, mulai tanggal 4 hingga 17 September 2023.

Apel operasi zebra candi dihalaman Mapolres

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2023 tersebut, Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, melalui Wakapolres Kompol Ismanto, menyampaikan amanat dari Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St.M.K.

Kompol Ismanto menyampaikan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya dalam rangka Ops Zebra Candi tahun 2023, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Penyematan pita oleh Wakapolres

Perlu diketahui bersama data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi tahun 2022 sejumlah 720 kejadian mengalami kenaikan sebanyak 132 kejadian atau 22% dibandingkan periode sebelumnya tahun 2021 sejumlah 588 kejadian.

Jumlah korban meninggal dunia Operasi Zebra Candi tahun 2022 sejumlah 33 orang mengalami penurunan sejumlah 5 orang atau 13% dibandingkan periode yang sebelumya di tahun 2021 sejumlah 38 orang. Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2022 sejumlah 234.408 pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 177.837 lembar dan teguran sejumlah 56.571 lembar.

Untuk itu, guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan bekolaborasi kepada seluruh stakeholder, agar dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.

Lebih lanjut, Kompol Ismanto menjelaskan, pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2023 mempunyai sasaran meliputi seluruh bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang dapat mengganggu kamseltibcar lantas.

baca juga:  Kartini Mengaji Pertegas Kesantrian Pahlawan Emansipasi Wanita

“Dengan adanya Operasi Zebra Candi 2023 diharapkan masyarakat dapat lebih tertib dalam berlalu lintas, dapat menekan angka pelanggaran dan laka lantas serta dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat berlalu lintas di wilayah hukum polda jawa tengah dalam rangka membangun kepercayan masyarakat kepada Polri,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan Operasi Zebra 2023 ini, Polres Sukoharjo akan mengoptimalkan kegiatan edukasi dan binluh dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Selain itu, Polres Sukoharjo juga akan melaksanakan gakkum berupa tilang menggunakan ETLE (statis, mobile hand held, dan drone), serta tidak ada lagi gakkum secara stasioner (razia) guna wujudkan kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selama operasi zebra candi berlangsung. (Prie)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *