Estafet Kirab Pemilu Dilanjut Deklarasi Pemilu Damai

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. Dengan semakin dekatnya pemilu tahapan-tahapan pemilu terus  bergulir seperti halnya kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Sukoharjo menerima estafet kirab pemilu dari KPU Kabupaten Karanganyar.  Serah terima dilakukan di Alas Karet  yang lebih dikenal dengan Alaska Polokarto  yang merupakan wilayah perbatasan dari Kabupaten Karanganyar dengan Kabupaten Sukoharjo, Senin (02/10/2023).

Dari alaska Kirab Pemilu berlanjut menggunakan mobil menuju ke depan Pengadilan Negeri Sukoharjo.  Kemudian berlanjut jalan kaki hingga Pendopo Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo.

 

Penanda tanganan deklarasi damai

Dalam kirab tersebut, barisan Paskibraka berada paling depan membawa bendera parpol peserta Pemilu 2024.   Setelah itu dilanjutkan dengan punggawa prajurit, maskot dan juga kendaraan parpol peserta Pemilu.

Serah terima dari KPU Karanganyar ke KPU Sukoharjo dilangsungkan di Pendopo GSP Pemkab Sukoharjo yang diserahkan dari ketua KPU Karanganyar kemudian diterima oleh ketua KPU Sukoharjo.

Ketua KPU Nuril Huda berpakaian adat kebesaran Kraton naik kuda

Dalam kesempatan tersebut, juga dibacakan Deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa oleh seluruh penyelenggara pemilu, parpol, dan seluruh pemangku kepentingan.

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan, kegiatan sosialisasi  yang sudah dilakukan selama empat hari sebelumnya, kemudian pada hari Sabtu 7 Oktober mendatang akan dilakukan penyerahan Kirab Pemilu 2024 kepada KPU Klaten.

Kirab pemilu melintasi alas karet,

“Salah satunya adalah sosialisasi di beberapa titik yakni di pasar tradisional bersama kelompok wanita tani, serta pemilih  pemula,” ujar Nuril.

Sedangkan ketua KPU Karanganyar Triastuti Suryandari menyampaikan dengan diadakannya kirab pemilu ini untuk menyampaikan informasi pemilu 2024 serta memberikan Pendidikan demokrasi kepada pemilih pemula secara langsung maupun tidak langsung.

Kirab Pemilu 2024 mengusung tema  Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa,  yang diluncurkan pada 14 Februari 2023 yang bertepatan 1 tahun menjelang hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024.

Kirab pemilu estafet jalur 3 Kalimantan Barat melintasi 43 lokasi satker KPU, untuk Provinsi Jateng estafet jalur 3 melintasi Kota Semarang, Kabupaten Karanganyar kemudian di lanjut Kabupaten Sukoharjo.

Sementara itu, Asisten 1 Sekda Pemkab Sukoharjo, Agustinus Setiyono, mengatakan, momentum kirab pemilu ini sebagai salah satu sarana Sosialisasi Pemilu Tahun 2024.

Diharapkan melalui Kirab Pemilu masyarakat Sukoharjo dapat mengetahui tahapan, hari dan tanggal pemungutan suara serta partai politik peserta Pemilu 2024.   Kami berharap pada Pemilu mendatang masyarakat dapat berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya serta tidak golput.

Agustinus Setiyono juga menghimbau kepada seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa, Aparat TNI, Aparat Kepolisian, Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS, PPPK, Masyarakat Sukoharjo dan pihak terkait lainnya untuk mensukseskan Pemilu 2024.  (Prie)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *