Bupati Sragen Ajak Generasi Z Berperan Aktif Untuk Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com.  Program Bupati Mengajar Kembali digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen. Kehadiran Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Wilayah Utara Sragen, ingin memberikan Edukasi dan Semangat Gotong Royong Merawat Eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Pendidikan Politik dan Berdemokrasi yang di Helat di Aula Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gemolong, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan Bupati Mengajar kali ini diikuti 10 Sekolah diantaranya SMA Negeri 1 Gemolong, SMA Negeri 1 Plupuh, SMA Negeri 1 Sumberlawang, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  Negeri 1 Miri, SMK Negeri 1 Plupuh, SMK Negeri 1 Kalijambe, SMK Negeri 1 Tanon, SMK Muhammadiyah 3 Gemolong, SMK Muhammadiyah 6 Gemolong dan SMK Sakti Gemolong.

“Kalian tidak akan mungkin ada disini Tanpa Perjuangan Para Pendahulu kita. Untuk itu Tugas kalian semua adalah meneruskan Perjuangan itu. Kalau dulu kita Berjuang dengan Bambu Runcing, dengan semangat yang sama sekarang saatnya kita Belajar dengan segala macam Perubahan Dunia yang begitu cepat yang kita hadapi.” Terangnya.

Dengan Tema Yang Muda Yang Bersuara, Berwawasan dan Cerdas Merawat Bangsa, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati meminta Kepada Anak-Anak tersebut untuk Belajar Sejarah agar memahami nilai-nilai Sejarah Perjuangan Bangsa yang telah dibentuk oleh Founding Father sehingga dapat membentuk Karakter Bangsa.

“Jangan sampai Generasi saat ini mudah terpecah belah dengan apapun yang sedang menghadang. Berbagai hal yang bisa menggoyahkan kalian ada Narkoba, adanya Paham-Paham yang menjauhi Pancasila, adanya Pergaulan Bebas yang meruntuhkan Harga Diri kita, Pernikahan Dini yang semakin Tinggi Prosentasenya. Padahal Tanggung Jawab Bangsa ini ada dipundak kalian semua.” Urainya.

Sebagai Generasi Z, dirinya mengajak agar tidak apatis terhadap Situasi Politik yang terjadi di Indonesia. Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati  ingin Generasi saat ini mengenal Calon-Calon Pemimipin untuk Masa Depan Bangsa ini.

baca juga:  Bupati Sragen Menghimbau Masyarakat Tetap Mematuhi Prokes

“Melalui Pemilu kita memilih Pemimpin mulai dari Presiden, Gubernur hingga Bupati/Walikota serta Wakil Rakyat yang dipilih secara langsung. Itulah para Pemimpin kita yang harus dipilih melalui Proses Pemilu.” Katanya.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati menceritakan perjalanan kisahnya saat menjabat sebagai Bupati yang juga melalui Proses Pemilihan Kepala Daerah  (Pilkada) yang dipilih oleh Rakyat di Kabupaten Sragen. Seorang Pemimpin Lahir dari Amanah yang diberikan oleh Masyarakat melalui Pemilihan Umum (Pemilu).

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati  berharap Generasi Z yang menjadi Kelompok Pemilih Pemula ini  tidak Golput tapi menjadi Pemilih yang aktif dan terlibat dalam Partisipasi Pemilu.

“Luangkan waktu kalian untuk memilih dan mencoblos di Tanggal 14 Februari 2024 nanti. Sebagai Warga Negara yang baik kita Wajib Memilih. Jangan Apatis. Satu Suara itu sangat bermakna untuk menentukan Masa Depan Bangsa.” Jelasnya.

Dikatakannya, syarat bagi Pemilih Pemula adalah telah berusia 17 Tahun atau sudah Menikah. Apabila saat Pemilu dilaksanakan masih berusia 16 Tahun maka harus menunggu Lima Tahun lagi hingga bisa menggunakan Hak Suaranya.

Pemilih Pemula Memiliki Pengaruh Penting dalam Pemilu 2024 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) merinci Data Pemilih berdasarkan Usia bahwa Pemilih dari Generasi Z berjumlah 46 juta dari Total 204 juta Pemilih. Sehingga artinya hampir 30% Pemilih Pemula Memiliki Pengaruh Besar terhadap Partisipasi Pemilu 2024.

“Hari ini, Ibu datang untuk Menggugah Pemikiran kalian tentang Wawasan dan Kehidupan Berpolitik. Betapa pentingnya Politik itu untuk Membangun Bangsa. Target Partisipasi Pemilih di Kabupaten Sragen di Tahun 2024 adalah 79,5%.” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Kusdunar Untung Yuni Sukowati  menyarankan jika mulai saat ini harus mulai mencari tahu siapa saja Calon Presiden 2024 dan Calon Wakil Rakyatnya. Pemilih Pemula harus menjadi Pemilih Cerdas, dengan mengetahui Latar Belakang masing-masing, Rekam Jejak, Programnya dan Visi Misinya.

baca juga:  Bupati Sragen Mengajak CPNS Dan PPPK Menunjukkan Pengabdian Terbaiknya

“Selamat memilih, selamat mengikuti Pemilu. Jika kalian Hobi Berorganisasi inilah saatnya Kalian Belajar Politik. Dan ini nanti yang akan membuat Bangsa ini hebat. Jadilah pemilih yang Cerdas.” Pungkasnya. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *