Dukung Produk UMKM Naik Kelas Bupati Sragen Minta Pelaku Usaha Lebih Kreatif

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Paguyuban Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi Salah Satu Wadah yang bermanfaat bagi para Pelaku Usaha. Ada banyak Manfaat yang didapatkan oleh para Pelaku Usaha bila bergabung dan terdaftar di suatu Paguyuban UMKM.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Usai Menyaksikan Pengukuhan Lima Paguyuban UMKM Wilayah Singensumonar (UMKM Galeri Sentana Kecamatan Tangen, UMKM Bejo Kecamatan Sukodono, UMKM Lestari Kecamatan Gesi, UMKM eMoncer Kecamtan Mondokan dan UMKM Wakansa Kecamatan Jenar) dan Penyerahan Sertifikat Halal yang dilaksanakan di Halaman Kecamatan Sukodono Sabtu (25/11/2023) Pagi

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowsti Menerangkan dengan tergabung dalam sebuah Paguyuban Pelaku Usaha akan mendapatkan Manfaat seperti akan Mengetahui Informasi dari Instansi Pemerintah seperti Pameran maupun Pelatihan, menambah Ilmu Perkembangan Ekonomi di Indonesia, serta Menambah Jejaring sehingga Usaha Semakin Luas.

“Jika nanti Dinas Kumindag Kabupaten Sragen Memiliki Pembinaan atau Pelatihan, para Pelaku Usaha bisa Memilih Pelatihan yang seperti apa. Peralatannya-pun bisa dihibahkan, serta mendapatkan Bantuan Modal. Itu bisa diberikan jika Pelaku Usaha mengikuti Paguyuban bukan Perorangan.” Ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam Memasarkan Produk Pelaku Usaha juga perlu memiliki Ijin Usaha. Dengan memiliki Ijin, tidak hanya Memiliki Kepastian Hukum namun memberikan Kepercayaan Kepada Pelanggan maupun Mitra Bisnis.

“Salah Satu Ijin Usaha yang Wajib Dimiliki oleh Pelaku UMKM adalah Nomor Induk Berusaha (NIB) yang merupakan sebuah Identitas Pelaku UMKM yang diterbitkan oleh Pemerintah. Dengan memiliki NIB akan mendapatkan kemudahan dalam hal Bantuan Modal.” Urainya.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Menjelaskan dengan Persaingan Industri yang semakin ketat, Pelaku Usaha Harus Mencari Ide Kreatif agar Produknya Memiliki Keunikan yang Berbeda Sesuai Market yang diinginkan.

baca juga:  Berbagai Macam Kuliner Ramaikan Kampoeng Ramadhan Hingga Akhir April

Satu hal yang dilihat oleh Konsumen adalah Kemasan Produk (Packaging) yang Menarik (Eye Catching). Kemasan yang Unik akan menjadi Identitas dari sebuah Merk dan akan diingat dengan mudah oleh pelanggan. Untuk Produk Makanan Citarasa harus diperhatikan.

“Untuk mengembangkan Bisnis dan agar Pelaku Usaha UMKM Naik Tingkat perlu Memanfaatkan Media Sosial sebagai Wadah Promosi Produknya. Sekarang tidak ada orang yang tidak memiliki HP. Namun walau sudah Lewat Media Sosial perlu Cara Tertentu agar Produk kita lebih Unik.” Ungkap Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Berharap Para Pelaku UMKM melakukan Bisnisnya dengan sepenuh hati dan memenuhi seluruh Persyaratan. Mulai dari memiliki NIB hingga Sertifikat Halal sehingga membuat Produk lebih Berkualitas dan Pelanggan-pun Tenang karena sudah Halal.

Salah Satu Pemilik Stand UMKM Aksesoris Gelang, Mumut Riyanti Asal Paguyuban Galeri Sentana Tangen mengaku senang mengikuti Bazar UMKM. Mumut Riyanti yang sudah 10 Tahun Menggeluti Industri Aksesoris ini selalu Mengupdate Kebutuhan Pelanggan.

“Seperti saat Covid-19 saya berjualan Connector untuk Masker. Sekarang Pasarannya Sedang Rame Gelang Custom. Ada Gelang Batu-Batuan dan Gelang Tridatu dari Bali. Saya mendapatkan Pesanan di Toko-Toko Asksesoris di Sragen. Yang paling susah jika mendapat pesanan banyak. Saya mengerjakan sendiri. Tidak ada SDM-nya karena harus mengajari dulu.” Ungkapnya.

Selain menyaksikan Pengukuhan Paguyuban UMKM dan Penyerahan Sertifikat Halal, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Meninjau Stand UMKM dan Lomba Mewarnai Tingkat kelas 1-2 Sekolah Dasar (SD) serta Lomba Tumpeng Antar Kecamatan Singensumonar.

Kegiatan Bupati Sragen diakhiri dengan Mengunjungi Kecamatan Jenar dalam Kegiatan Seminar UMKM dan Gebyar UMKM Se Kecamatan Jenar. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *