Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2025, Bupati Sragen Sampaikan Capaian Pembangunan Kabupaten Sragen

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen Menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Sragen Tahun 2025 yang dilaksanakan di Ruang Sukowati, Rabu Siang (17/1/2024).

Forum Konsultasi Publik menjadi dasar dan pijakan dalam perumusan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sragen serta Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

“Setiap Tahun Kita menyelenggarakan Rapat yang Kita laksanakan ini, sebagai Rancangan awal bagi kami membuat RKPD Kabupaten Sragen. Semoga saran dan masukan bisa kita rumuskan bersama.” Terangnya.

Selaras Visi RPJMD 2021 – 2026 “Menuju Kabupaten Sragen Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya Berlandaskan Semangat Gotong Royong”, Bupati menyatakan Visi ini mestinya dicapai dalam Lima Tahun.

“Tahun 2024 ini adalah Tahun terakhir Saya menjabat sebagai Bupati. Jika tidak ada perubahan Desember 2024 Saya sudah Purna Tugas. Karena pada bulan November sudah ada Bupati terpilih. Walaupun sebetulnya Saya selesai pada Tahun 2026. Sehingga Misi yang termaktub didalam Visi seharusnya dicapai dalam Lima Tahun.” Urainya.

Bupati menyebutkan tema Pembangunan Kabupaten Sragen Tahun 2025 adalah Peningkatan Ekonomi melalui Peningkatan Investasi Pemberdayaan UMKM dan Daya Saing Pariwisata.

“Saya titipkan kepada Pak Sekretaris Daerah (Sekda) untuk bisa bekerja dengan Bupati yang baru semoga tidak keluar dari Koridor yang telah Kita susun bersama yaitu untuk Sragen yang Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya.” Katanya.

Beberapa capaian Program Unggulan Tahun 2023 diantaranya membangun Sekolah Dasar (SD) Unggul disetiap Kecamatan target yang capaian telah tercapai yaitu 5 Output Fisik, meningkatkan sarana dan prasarana Pendidikan GTT dan PTT secara bertahap dengan Target dan Capaian 100% terpenuhi yaitu Honor untuk GTT dan PTT PAUD, SD, dan SMP sebesar Rp 1 Juta.

Selanjutnya membangun Fasilitas Olah Raga masyarakat yang akan dibangun pada 2024 yaitu membangun Hanggar Venue Olah Raga di Gedung Olah Raga (GOR) Diponegoro Sragen dengan tujuan untuk meningkatkan Prestasi Olah Raga Kabupaten Sragen.

Daerah naik 21% Tahun 2023 menjadi Rp 143 Miliar, retribusi naik 3%, BUMD naik 15%.

“Kami mengupayakan PAD, pajak, Retribusi, BLUD, mengalami kenaikan di Tahun 2025. Silpa Kita tidak terlalu banyak (Kurang dari Rp 50 Milyar). Mulai Tahun 2024 ada Perda baru karena amanat Undang-Undang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPPD). Selain itu ada Perda TPRD dimana Daerah diberi kewenangan untuk mengoptimalkan potensi. Salah satunya untuk memperbesar Celah Fiskal yang ada di Sragen.” Imbuhnya.(Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *