Wujudkan Sanitasi Aman, DPU Bersama USAID IUWASH Gelar Pelatihan Pemeliharaan SPALD-S/T

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sragen bersama USAID IUWASH Tangguh Menggelar Pelatihan Operasional dan Pemeliharaan Bagi Penerima Manfaat Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat/Terpusat (SPALD-S/T).

Peserta terdiri dari penerima manfaat SPALD-S dan Puskesmas Sanitasi. Pelatihan juga diikuti oleh Bapperida Bidang Fispra, UPTD Kabupaten Sragen, dan Dinas Kesehatan di Front One Hotel, Kamis (18/1/2024).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Andreas Setyowibowo, ST., MT. Ia Mengatakan Pelatihan dilaksanakan dengan Tujuan para peserta dapat meningkatkan kapasitasnya dalam hal pengoperasian serta pemeliharaan sarana dan prasarana SPALD-S/T agar dapat bermanfaat serta berfungsi secara efektif dan berkelanjutan. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat memahami terkait sanitasi aman.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mengetahui cara memelihara sarana sanitasi serta pemanfataan SPALD-S/T,” Harapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Materi oleh Fajar Wahyutina, Kepala Pokja Penyehatan Lingkungan Bidang Cipta Karya Dinas PU dan Materi oleh Tatit Palgunadi, Urban Sanitation Specialist USAID IUWASH Regional Tangguh Jawa Tengah.

Pada kesempatannya, Tatit Palgunadi Menekankan Pentingnya Perawatan dan Pemeliharaan SPALD-S/T dengan melakukan penyedotan maksimal 3 Tahun sekali.

Peserta juga melakukan Kunjungan ke IPAL Komunal Dukuh Kerisan, Desa Tangkil. Para peserta berkesempatan Melihat Proses Penyedotan Lumpur Tinja ( Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:
baca juga:  Sekolah Sepak Bola Baturetno Sarat Prestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *