Kapolres Grobogan Hadiri Acara Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Se Kabupaten Grobogan Tahun 2024

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Hutan jati tumbuh di Palu, tumbuh rindang memberi asa. Mari kita sukseskan Pemilu, kemajuan merata untuk semua Desa.

Kota Purwodadi kotanya Grobogan, indah di pandang sungguh menawan. Pemilu itu hanyalah even lima tahunan, jadi tidak perlu sampai hilang seduluran.

Pantun tersebut dibacakan Kapolres Grobogan Polda Jateng AKBP Dedy Anung Kurniawan dalam pelaksanaan peningkatan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa se Kabupaten Grobogan Tahun 2024 yang digelar di pendapa Kabupaten Grobogan pada Senin (5/2/2024).

Kapolres Grobogan Polda Jateng mengatakan, dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu, Polres Grobogan Polda Jateng sejak tanggal 19 oktober 2023 telah melaksanakan Operasi Mantab Brata Candi.

‘’Dalam pelaksanaan Operasi terpusat Mantab Brata Candi tersebut, Polres Grobogan Polda Jateng telah melakukan beberapa kegiatan terkait pelaksanaan Pemilu 2024,’’ kata Kapolres Grobogan Polda Jateng.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya yakni pengecekan sarana dan prasaran meliputi peralatan dalmas, alsus dan ranmor. Kemudian pengecekan kesiapan personel melalui kesehatan dan pengecekan sikap tampang personel, deklarasi pemilu damai, deklarasi zero knalpot brong, sinergitas dengan penyelenggara pemilu antara lain pembentukan desk pemilu, rakor linsek kesiapan pemilu dan rakor bawaslu, pelatihan kemampuan pers meliputi beladiri Polri, pengawalan, pengendalian massa, alarm steling, tim negosiator, sispam mako, latihan pra operasi, sispamkota serta pengamanan dan pengawalan logistik Pemilu.

‘’TNI Polri khususnya Polres Grobogan Polda Jateng dan Kodim 0717/Grobogan juga telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka turut serta dalam pembangunan masyarakat desa,’’ ungkap AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Kegiatan yang dimaksud AKBP Dedy Anung Kurniawan diantaranya gerakan orang tua asuh dalam rangka pencegahan stunting, penyaluran paket sembako kepada warga kurang mampu, Polres Grobogan Polda Jateng mendukung Kodim 0717/Grobogan dalam pelaksanaan TMMD, pencegahan tindak pidana perdagangan orang melalui posko yang tersebar di desa dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas dan Babinsa (kampung tangguh TPPO).

baca juga:  Bupati Dan Forkopimda Sragen Memberi Himbauan Atas Beredarnya Berita Hoax

Kemudian, Polres Grobogan Polda Jateng juga melaksanakan pencegahan tindak pidana penyalahgunaan narkoba melalui posko yang tersebar di desa dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas dan Babinsa (kampung tangguh anti narkoba), penanaman pohon sebagai upaya mengembalikan efektifitas lahan agar berfungsi dengan baik dan optimal, penyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan pada saat musim kemarau, memberikan bantuan kepada koban bencana alam dan korban kebakaran.

Selain itu, Polres Grobogan Polda Jateng juga memberikan bantuan pelampung kepada pelaku usaha wisata air dan nelayan di kawasan waduk kedung ombo, bantuan sumur bor kepada masyarakat di wilayah yang kekurangan air bersih, pembangunan tempat ibadah masjid di wilayah Kabupaten Grobogan, patroli hutan dalam rangka pencegahan karhutla dan ilegal logging, program resik-resik kuto dan kali bersih, program peduli petani dengan pelaksanaan panen raya, serta program donor darah.

‘’Kami juga melakukan penegakan hukum untuk melindungi para aparatur pemerintahan desa, diantara nya operasi tangkap tangan terhadap oknum2 pemeras yg meresahkan. Serta upaya restoratif justice permasalahan di dalam internal desa seperti di desa Asemrudung, Geyer,’’ jelas Kapolres Grobogan Polda Jateng.

Kapolres Grobogan Polda Jateng menyampaikan, Polri adalah representasi kehadiran negara ditengah-tengah masyarakat yang bertugas sebagai alat negara penegak hukum serta pelayan pelindung dan pengayom masyarakat.

‘’Sudah biasa dalam Pemilu ada yang tiba-tiba baik. Ada yg menebar janji-janji, ada yg menjelekkan, bahkan pakai jurus genderuwo alias menakut-nakuti,’’ucap AKBP Dedy Anung Kurniawan.

‘’Jangan takut, jangan ragu, jangan bimbang. 1.084 anggota Polres dan 516 personel Kodim seluruhnya telah siap mem-back up dan mendukung rekan-rekan sekalian. TNI Polri solid, TNI Polri kompak beserta seluruh kekuatannya untuk mendukung rekan-rekan semua, bersinergi, bahu membahu mensukseskan Pemilu 2024 ini. Sehingga amanah pembangunan nasional serta kebijakan pimpinan negara ini dapat terwujud di Kabupaten Grobogan,’’ imbuh Kapolres Grobogan Polda Jateng.

baca juga:  7 Orang Saksi Diperiksa Tim Penyidik Tipidsus Kejari Grobogan Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan Gedung SDN2 Sumurgede Godong TA 2021

Disampaikan AKBP Dedy Anung Kurniawan, bahwa Polri punya semboyan satya haprabu yang artinya kami setia kepada negara dan pemimpinya.

‘’Jabatan Kapolres dan Dandim memang tidak akan lama. Tapi kecintaan kami terhadap Grobogan yang selalu memberikan semangat pengabdian tak kenal lelah,’’ kata AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Kapolres Grobogan Polda Jateng mengaku sangat bangga dengan perjuangan para Kepala Desa di wilayah Kabupaten Grobogan.

‘’Saya sebagai anak Kepala Desa. Saya selama 18 tahun makan dari keringat dan perjuangan seorang Kades. Alhamdulillah, saya bisa sampai dengan seperti saat ini, berkat perjuangan bapak saya yang juga seorang mantan Kepala Desa,’’ pungkas Kapolres Grobogan Polda Jateng. (jkwi/den)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *