Tinjau Lokasi Longsor, Bupati Sragen Serahkan Bantuan Kepada Korban Terdampak

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Kejadian Longsor Di Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen Direspon Cepat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen. Terkait Situasi Tersebut, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Meminta Kebutuhan Prioritas Korban Dan Warga Yang Terdampak Harus Terpenuhi Dahulu. Sedangkan Soal Relokasi, Perlu Didiskusikan Kembali Dengan Warga Terkait.

Hal Itu Diungkapkan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati Saat Mengunjungi Lokasi Sekaligus Memantau Langsung Proses Evakuasi Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) dr. Hargiyanto Dan Dinas Terkait, Senin (4/3/2024) Pagi.

Bupati Menegaskan Dalam Upaya Pencarian Korban Dan Evakuasi Warga, Pihaknya Bergotong Royong Dan Bekerjasama Seluruh Komponen Masyarakat. Usaha Pencarian Korban Tidak Hanya Dari Pemkab Sragen. Tapi Juga TNI/Polri Dan Relawan Sejak Minggu (3/3/2024) Malam.

“Ada Empat Rumah Di Kaki Bukit Yang Memang Lokasi Rumah Tersebut Rawan Terkena Tanah Longsor Dan Sejak Minggu Malam Teman – Teman Dari TNI, Polri, Dan relawan Sudah Mengevakuasi Korban,” Ungkap Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati

Tiga Orang Yang Merupakan Satu Keluarga Menjadi Korban Dalam Musibah Tersebut. Satu Orang Diantaranya Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal Dunia Pada Minggu (3/4/2024) Malam Dan Dua Orang Ditemukan Pada Hari Kedua Pencarian Dengan Kondisi Meninggal Dunia Pada Senin (4/4/2024). Sementara 14 Keluarga Lainnya Mengungsi.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Menambahkan Tindakan Pemerintah Kabupaten Yang Dilakukan Yakni Mengidentifikasi Ancaman Longsor Susulan. Selain Itu Dilakukan Penyisiran Pada Rumah Warga Yang Kemungkinan Terdampak Langsung Dan Tingkat Kerawanan Tinggi.

“Kita Minta Mengungsi Ke Rumah Saudara Dahulu Atau Tempat Lain Yang Lebih Aman. Sekarang Sedang Asesmen Semua,” Ungkapnya.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati  Menyampaikan Dari Rumah-Rumah Yang Terdampak Selain Rumah Korban, Saat Ini Sudah Mulai Tergerus. Selain Itu, Pihaknya Juga Mempersiapkan Tindakan Untuk Membantu Warga Yang Terdampak.

baca juga:  Stok Beras Melimpah, Bulog Salurkan ke 72. 666 Warga Miskin Di Kabupaten Sragen

“Apapun Yang Nanti Dibutuhkan, Apa Perlu Relokasi Seperti Kita Dulu Di Musuk, Yang Penting Kita Ajak Bicara Warga. Kebutuhan Prioritas Dulu Kita Penuhi Agar Negara Hadir Setiap Mereka Membutuhkan,” Jelasnya.

Terkait Bantuan Korban, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Menjelaskan Ada Dana Cadangan Di Dinas Sosial (Dinsos) Untuk Korban Terdampak Bencana. Selain Itu Juga Melihat Perlu Relokasi Atau Tidak. Jika Direlokasi, Harus Dicarikan Tempat. Hal Tersebut Perlu Asesmen Yang Tepat. (sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *