Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Arief Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen

NEWS

Blora-Inspirasiline.com. Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, berkunjung ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI di kawasan Gambir, Jakarta, Selasa (2/4/2024). Hal itu dilakukan dalam rangka mendorong percepatan pembangunan Pasar Ngawen yang terbakar beberapa waktu lalu.

Dengan didampingi Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Kiswoyo SH., M.Si., dan Kepala Bidang Pasar Margo Yuwono, ST., MM., Bupati Arief langsung diterima oleh Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik (Sardaglog) Kementerian Perdagangan RI, Sri Sugyatmanto, SE., MM.

Dalam pertemuan yang berlangsung di lantai 3 Gedung Direktorat Sarana Perdagangan dan Logistik Kemendag RI itu, Bupati menyampaikan perkembangan permohonan pembangunan Pasar Rakyat Ngawen yang bulan Januari 2024 lalu telah terbakar.

“Kemarin kami sudah komunikasi dengan Pak Menteri Setneg, dan Bu Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Semuanya sudah oke, tinggal menunggu surat rekomendasi dari Kementerian Perdagangan yang menerangkan bahwa Pasar Ngawen layak dibantu agar segera dibangun kembali. Rekomendasi ini nantinya akan dijadikan dasar Cipta Karya PUPR untuk membangun pasar,” ucap Bupati kepada Direktur Sardaglog.

Disampaikan, kabar dari Cipta Karya, ada kemungkinan pembangunan dilakukan multiyears. Namun sebagai awalannya akan didorong tahun ini agar bisa mulai dibangun dengan anggaran dari Cipta Karya PUPR.

Apalagi, lanjutnya, bulan Januari kemarin Presiden sudah ke Blora bersama Menteri PUPR. Sebelumnya Menteri Perdagangan juga sudah ke Blora. ‘’Jadi tinggal teknisnya kita dorong,” tambah Bupati Arief.

Layak Dibangun
Direktur Sardaglog, Sri Sugyatmanto, SE., MM., menyambut baik kedatangan Bupati Blora dan tim. Dikemukakan, pihaknya memastikan secepatnya surat rekomendasi itu disusun dan memastikan Pasar Ngawen layak untuk dibangun kembali.

“Siap Pak Bupati, ini termasuk yang cepat lho jika dibandingkan pasar lainnya. Apalagi Pak Bupati bisa mendorong lewat Mensesneg, Bu Dirjen Cipta Karya dan lain-lain. Kami pastikan Pasar Ngawen nanti dapat surat rekomendasi dari Kementerian Perdagangan,” papar Direktur Sardaglog, Sri Sugyatmanto.

baca juga:  Bupati Serahkan Bantuan Sembako Untuk Korban Kebakaran Pasar Ngawen

Hanya saja, demikian Sri Sugyatmanto, surat rekomendasi pembangunan pasar dari Kemendag disusun tidak untuk Pasar satu per satu. Melainkan dijadikan satu sehingga berisi beberapa Pasar se Indonesia yang tahun ini memang butuh pembangunan.

“Ada sekitar 16 pasar yang akan masuk surat rekomendasi, termasuk Pasar Ngawen. Kami upayakan setelah lebaran nanti suratnya akan keluar agar tahun ini bisa segera ditindaklanjuti Kementerian PUPR,” lanjut Direktur Sardaglog, Sri Sugyatmanto, yang juga Diaspora Blora.

Terpisah. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Kiswoyo SH., M.Si.,bersama Kepala Bidang Pasar Margo Yuwono, ST., MM., menyampaikan, kebutuhan anggaran pembangunan Pasar Ngawen diperkirakan mencapai Rp 50 Miliar lebih.

“Kami kemarin sudah konsultasi, kebutuhan anggarannya bisa mencapai Rp 50 miliar hingga Rp 70 Miliar. Terimakasih Pak Bupati yang telah membantu koordinasi lintas Kementerian. Semoga Pasar Ngawen bisa segera dibangun kembali. Pembangunannya nanti langsung oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya,” terang Kiswoyo. (Tim Liputan Prokompim Blora – Yokanan).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *