236 Pendaftar Ikuti Tes PPK Pilkada

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Sedikitnya 236 pendaftar di Rembang mengikuti test tertulis anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pilkada Nopember 2024.

Semula pendaftarseluruhnya ada 246, setelah mengikuti tahapan seleksi administrasi, ada 10 pendaftar tidak memenuhi syarat. Sehingga 236 orang yang berhak mengikuti tes tertulis dengan sistem CAT (computer assisted test) di SMA N II Rembang, Senin (6/5/ 2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, M Ika Iqbal Fahmi menjelaskan, tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran, karena di setiap kecamatan, jumlah pendaftar sudah terpenuhi sesuai ketentuan, minimal dua kali kebutuhan atau paling tidak 10 pelamar.

“Jadi semua kecamatan sudah terpenuhi,” terang Ika Iqbql.

Menurut Ika Iqbal, tidak ada prioritas bagi PPK yang bertugas saat Pemilu kemarin, karena seleksi bersifat terbuka. Tapi bisa saja hal itu menjadi bahan pertimbangan.

“Ada pengalaman atau tidak, kita samakan perlakuannya. Jadi memang ini ada seleksi ulang lagi. Bukan PPK kemarin secara otomatis berlanjut untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, nggak,” imbuh Iqbal.

Untuk nominal honor PPK masih tetap seperti Pemilu. Hanya saja yang membedakan, pada Pilkada dibiayai melalui anggaran Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan honor petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa, ditanggung anggaran kabupaten.

“Ketua PPK honornya Rp 2,5 Juta, untuk anggota Rp 2,2 Juta. Nominal masih sama seperti Pemilu kemarin. PPK Pilkada masa kerjanya 7 bulan,” terangnya.

Sementara itu, komisioner KPU Rembang, Khoirul Umam memperinci saat tes tertulis di SMA N II Rembang hari Senin (6/5), dihadiri 215 orang, sedangkan 21 orang tidak datang.

Nantinya ada 15 besar per kecamatan, berhak melanjutkan ke tahap berikutnya, tes wawancara antara tanggal 11 – 13 Mei 2024.

baca juga:  Nekat Jual Obat Mercon, Diciduk Polisi

“Hasil dari wawancara, baru dipilih 5 orang terbaik untuk dilantik menjadi PPK pada tanggal 16 Mei 2024,” terang Khorul Umam. (yon).

Bagikan ke:

1 thought on “236 Pendaftar Ikuti Tes PPK Pilkada

  1. Its like you read my mind You appear to know so much about this like you wrote the book in it or something I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit but other than that this is fantastic blog A great read Ill certainly be back

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *