Kandang Ayam Bau, Warga Desa Tambakan Gubug Akan Gugat Ke Pengadilan

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Warga Tambakan Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan Jawa tengah telah diresahkan dengan banyaknya lalat di desa mereka, hal ini diduga berasal dari kandang ayam broiler di tengah pemukiman warga.

Karena komplek kandang ayam tersebut hanya berjarak sekitar 150 meter dari pemukiman warga dan sekolahan. Tak hanya warga saja yang terkena, SD Negeri 1 Tambakan pun terkena dampaknya.

Banyaknya lalat dan bau tidak sedap tersebut mengganggu warga dan membuat resah masyarakat.

Salah seorang warga yang tidak mau di sebut namanya mengatakan keresahannya lantaran lalat terhitung sangat banyak saat ini. Disinyalir karena adanya kandang ayam milik pengelola kandang ayam H Abdul Mufid yang bertempat tinggal di Desa Tambakan juga.

“Apalagi saat panen, bisa dipastikan lalatnya sangat banyak,” ungkap warga Tambakan tersebut

Saat panen ayam broiler, membuat warga resah karena suara bising yang ditimbulkan lalat. Terlebih pada saat malam hari hal itu sangat mengganggu istirahat dan kantin sekolah SDN 1 Tambakan juga warung di sekitar sekolah

Menanggapi hal itu warga Tambakan mengatakan bahwa Kades Tambakan telah menerima keluhan warga tersebut. Keluhannya ada dua yakni bau tidak sedap yang ditimbulkan kandang ayam dan munculnya lalat.

“Kandang ayam itu juga tidak menerapkan SOP sesuai anjuran dari dinas terkait. Kandang juga terhitung sudah lama ,” ucap Kades Tambakan Abdul Rohman.

Pemilik kandang ayam, Abdul Mufid juga kooperatif. Ia sempat membuat surat pernyataan apabila tidak mengindahkan anjuran pemerintah desa maupun warga desa Tambakan pemilik bersedia untuk ditutup.

Ketika Kepala Desa Tambakan Abdul Rohman di konfirmasi terkait dengan resahnya warga desa adanya lalat dan bau tak sedap dari kandang milik H Abdul Mufid hanya menjawab , memang sudah banyak aduan dari masyarakat tentang banyaknya lalat dan bau tak sedap mengenai penutupan kandang tersebut menunggu koordinasi yang berkelanjutan.

baca juga:  Lagi, Polisi Blora Serahkan Bansos Warga Terdampak Covid-19

Setelah di konfirmasi juga pihak sekolahan yg berdekatan dengan kandang , Lipuryati,SPd Kepala Sekolah SD Negeri 1 Tambakan mengungkapkan bahwa, Keberadaan kandang tersebut sangat mengganggu aktivitas murid, adanya lalat membuat kurang konsentrasi dalam belajar dan ada juga yg sakit Secara terus menerus bergantian,” kata Lipuryati,SPd.

Kepala SD Negeri 1 Tambakan Lipuryati, SPd meminta juga agar menutup kandang tersebut karena sangat menggangu proses belajar mengajar.

Menurut Lipuryati , SPd dengan di tutupnya kandang ayam tersebut nantinya murid murid akan nyaman dan aman kembali dalam melaksanakan belajar.

Terpisah, Yunita Ratna TA SH,MH selaku kuasa hukum warga masyarakat Desa Tambakan meminta kepada Abdul Mufid si pemilik kandang ayam untuk sesegera menutup kandang ayamnya

Disampaikan oleh Yunita Ratna, keberadaan kandang ayam tersebut tidak ber ijin dan menyalahi SOP.

Ditegaskan Yunita Ratna TA ,SH, MH selaku kuasa hukum warga masyarakat dalam waktu dekat Abdul Mufid selaku pemilik kandang ayam akan di gugat di pengadilan Negeri Purwodadi dengan permohonan warga masyarakat desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan untuk segera menutup kandang ayam tersebut.

Yunita Ratna TA ,SH, MH berharap agar masyarakat tidak bertindak sendiri,cukup dengan memberikan kuasa kepadanya, semua akan berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. (jkwi/Bn)

Bagikan ke:

1 thought on “Kandang Ayam Bau, Warga Desa Tambakan Gubug Akan Gugat Ke Pengadilan

  1. hiI like your writing so much share we be in contact more approximately your article on AOL I need a specialist in this area to resolve my problem Maybe that is you Looking ahead to see you

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *