Parade Musik Campursari Sajikan 15 Grup Dari Berbagai Wilayah Kabupaten Sragen

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Sebanyak 15 Grup Musik Campursari yang berasal dari beberapa Daerah Di Wilayah Kabupaten Sragen ikut memeriahkan Parade Musik Campursari yang Digelar Di Lapangan Bendungan, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen Sabtu (11/5/2024) Malam

Para Penyaji Seni ini tidak hanya berasal dari Kedawung saja, namun ada juga Grup yang berasal dari Masaran, Sidoharjo, Plupuh, Ngrampal dan Sambirejo.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sragen dr. Hargiyanto, M.Kes beserta Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sragen.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen Johny Aryawan Mengatakan Gelaran Parade Musik Campursari Selain Untuk Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sragen Ke-278 Juga Untuk Memberikan Ruang Ekspresi dan Apresiasi Kepada Para Seniman Campursari Di Kabupaten Sragen.

Dia Menambahkan Parade Musik Telah Dimulai Pukul 13.30 WIB dan Akan Berakhir Sampai Tengah Malam Pukul 24.00 WIB. Selain itu masyarakat Kedawung dimanjakan Hadir Puluhan Kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lokal Yang Mengitari Lapangan Bendungan.

“Pementasan Musik Diadakan Secara Marathon Sehingga Parade Ini Memberikan Hiburan Kerakyatan Kepada Masyarakat. Yang Tidak Kalah Pentingnya Adalah Hadirnya Acara Ini Dihelat Untuk Merawat Eksistensi Seni Campursari Di Kabupaten Sragen. Mengingat Di Sragen Ini Merupakan Gudangnya Campursari.”Tutur Johny Aryawan

Lebih lanjut Johny Aryawan Menyatakan Saat Pandemi Covid-19 Lalu Keberadaan Campursari Sempat Mengalami Mati Suri Untuk Itu Membangkitkan Keinginan Kembali Agar Campursari Semakin Tangguh Dalam Memajukan Kesenian Tradisional di Kabupaten Sragen.

“Kami berharap Kegiatan Ini Bisa Berkelanjutan, Seperti Tahun Kemarin Menjangkau Wilayah Tangen dan Sekitarnya. Tahun Ini Kita Menjangkau Kedawung dan Sekitarnya. Tahun Depan Semoga Kita Bisa Lebih Luas Lagi Ke Daerah Lain Menjangkau Seluruh Kabupaten Sragen.” Ujarnya.

baca juga:  Jumat Berkah, LSM Sehati Bagikan 100 Paket Sembako

Dikatakannya, Dari Rangkaian Musik Campursari Ini, Akan Disajikan Juga Tari Tayub Untuk Memberi Sentuhan Yang Berbeda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen dr. Hargiyanto, M.Kes Saat Membuka Kegiatan Mengapresiasi Parade Musik Campursari Yang Sangat Diminati dan Dipadati Oleh Seluruh Masyarakat Kecamatan Kedawung.

“Terimakasih Kepada Panitia. Tadi Saya Laporkan Kepada Ibu Bupati, Di Lapangan Bendungan Ini Masyarakat Penuh Tumplek Blek. Para Pedagang Juga Sampai Tumpah Ruah Dipinggir-Pinggir Jalan.” Kata Sekda Hargiyanto

Sekda Menambahkan Kegiatan Ini Telah Tiga Kali Dilaksanakan Yakni Pertamakali Di Gedung SMS, Kemudian Di Kecamatan Tangen dan Yang Ketiga Di Kecamatan Kedawung.

Sekda Hargiyanto Bersyukur Atas Masyarakat Yang Sangat Luar Biasa dan Mengapresiasi Para Seniman Yang Turut Melestarikan Kekayaan Seni Tradisi Bumi Sukowati.

“Saya Lihat Di Sragen Ini Juga Gudangnya Grup Musik Campursari. Kedepan Grup-Grup Musik Campursari Sragen Bisa Lebih Dikenal Secara Nasional. Insya Allah, Semoga Acara Ini Bisa Dilanjutkan Kembali Yahun Depan Dengan Lebih Meriah.” Ungkapnya.

Dengan hadirnya Talenta-Talenta Campursari Yang Telah Dikenal Sampai Ke Luar Sragen, Sekda Berharap Para Seniman Sragen Ini Bisa Lebih Dikenal Lagi Secara Luas Seperti Didi Kempot dan Soimah.

Terlebih Dengan Hadirnya UMKM Yang Meramaikan Kegiatan Ini Dengan Turut Serta Membuka Stand Makanan Yang Menggerakkan Sektor Ekonomi Kerakyatan Di Kabupaten Sragen Khususnya Di Kecamatan Kedawung.

Berikut 15 Grup Campursari yang Tampil Di Parade Musik Campursari Di Lapangan Bendungan :

Grup Rinova dari Kedawung

Grup Garaga dari Mojokerto Kedawung

Grup Baliza dari Sidoharjo

Grup Jiwangga dari Sambirejo

Grup Ganda Kusuma dari Sidoharjo

Grup Hanan Musik dari Plupuh

Grup Alrosta dari Kedawung

Grup Zakya dari Kedawung

Grup Satria Musik dari Kedawung

baca juga:  Rapimnas Partai Demokrat Satu Suara Dukung AHY Jadi Kontestan Pilpres 2024

Grup KMB dari Kedawung

Grup Arseka dari Ngrampal

Grup Kusuma Muda dari Kedawung

Grup Om Ramadhani dari Kedawung

Grup You and Me dari Kedawung

Grup Zelinda dari Kedawung

Grup Seni Tayub Lestari Budaya dari Karangmalang. ( Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *