Bawaslu Gelar Seleksi Calon Anggota Pamwaslucam Pilkada Serentak 2024

NEWS

Sukoharjo-Inspirasline.com. Untuk memenuhi persyaratan sebagai calon Panwanlucam untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 Bawaslu selenggarakan seleksi dalam bebrapa tahapan, yang meliputi tes administrasi, tes tertulis (CAT) kemudian tes wawancara. Yang dinyatakan lolos tes administrasi berhak mengikuti tes tahap berikutnya yaitu tes CAT, dan yang lolos tes CAT baru bisa ikut tes wawancara.

Pada tahap tes tertulis ada 2 orang peserta dan 25 orang pendaftar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan mangkir pada saat test CAT tanpa keterangan. Sebelumya, 25 pendaftar Panwaslu Kacamatan itu telah lolos seleksi administrasi sehingga maju ke tahap test CAT yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo.

tes CAT berlangsung

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Rochmad Basuki mengatakan bahwa  test CAT digelar dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sukoharjo pada Selasa (14/5/2024). Dari 25 pendaftar yang lolos seleksi administrasi terdapat 2 yang tidak hadir.

“Kami sudah menyampaikan pemberitahuan kepada 25 peserta. Namun, yang 2 tidak hadir tanpa keterangan,” kata Rochmad Basuki.

Lebih lanjut Rochmad menyampaikan untuk 2 orang peserta yang todak hadir tersebut secara otomatis sudah tidak bisa melanjutkan mengikuti tes  tahap berikutnya. Yakni test wawancara yang rencananya akan diselenggarakan pada 18-19 Mei 2024 ini.

“Tes wawancara rencananya akan dilaksanakan pada 18 atau 19 Mei mendatang namun masih menunggu petunjuk dari Bawaslu Jawa Tengah,”katanya.

Dijelaskan Rochmad, dari 25 pendaftar tersebut berasal dari 3 Kecamatan, yakni Kartasura, Mojolaban dan Nguter. Sesuai petunjuk teknis, jumlah pendaftar terpenuhi. Yakni dua kali kebutuhan dan terdapat keterwakilan perempuan 30 persen.

“Untuk yang tidak hadir itu, semua dari Kecamatan Nguter. Namun, masih bisa memenuhi dua kali kebutuhan. Yakni Kartasura 4, Mojolaban dan Nguter masing-masing 2,” ujarnya. (prie)

Bagikan ke:
baca juga:  Sasar Karyawan Perusahaan, Polres Sukoharjo Gelar Vaksinasi Merdeka Candi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *