Pupuk Cair Hayati Multiguna Provibio Botani Siap Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Sukoharjo bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) Panen Padi pada lahan demplot PT Botani Seed Indonesia dan peluncuran pupuk multiguna Provibio Botani di desa Kragilan kecamatan Mojolaban yang dihadiri Forkopimda dan Rektor IPB Arif Satriya pada Selasa (15/4/2024).

Dalam kata sambutannya bupati Sukoharjo Etik Suryani bahwa kabupaten Sukoharjo merupakan lumbung padi Jawa Tengah, keberhasilan dalam mempertahankan surplus beras ini tentunya perlu dukungan dari berbagai pihak baik petani, petugas, stakeholder baik pemerintah maupun swasta dalam mengadopsi inovasi teknologi baru dibidang pertanian sehingga masih mampu berkontribusi dalam penyediaan pangan di Jawa Tengah.

Bupati Etik Suryani saat memberikan sambutan

Bupati menambahkan untuk mewujudkan surplus beras di Sukoharjo dapat dipertahankan kuncinya adalah kolaborasi antara stakeholder agar semua mampu komitmen sinergi agar kedaulatan pangan bisa dicapai, swasembada pangan tidak hanya dibebankan kepada petani, namun pemerintah, swasta dan akademisi, bahkan media masa ikut andil dalam pembangunan pertanian di kabupaten Sukoharjo. melalui sinergitas swasta dan akademisi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, diharapkan dengan adanya inovasi penyediaan benih varietas unggul baru mampu memberikan prodoktivitas yang tinggi. Dengan kerjasama dengan IPB dan jajarannya dalam penyediaan benih padi varietas unggul baru  I PB 9 G  dan pupuk cair hayati multiguna Provibio Botani ini diharapkan mampu mengubah pola pikir petani yang hingga saat ini masih bergantung pada pupuk kimia.

 

Bagas Windaryatno Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan

Etik Suryani berharap dengan inovasi pupuk multiguna Provibio Botani ini agar petani di Sukoharjo bisa menanam padi dengan lebih baik lagi, tanahnya menjadi subur, dan yang lebih utama bisa menghemat biaya, yang mana selama ini hanya menggunakan pupuk kimia sehingga dengan adanya inovasi baru pupuk cair ini bisa meningkatkan hasil produktivitas petani.

baca juga:  Tingkatkan SDM, Pemkab Kendal Jalin Kerja Sama Dengan Universitas Indonesia

Sementara itu Arif Satriya Rektor IPB mengaku bangga bahwa petani di Sukoharjo siap menerima inovasi baru dari pupuk cair multiguna Provibio Botani sebagai solusi untuk peningkatan produktivitas pertanian. Dan varietas ungul baru I PB 9 G awalnya ini adalah padi gogo untuk lahan kering, dengan inovasi baru ini bisa ditanam dilahan persawahan sehingga ini bisa dilatkan sebagai varietas ampibi artinya bisa ditanam dilahan kering maupun disawah dengan produktivitas yang sangat tinggi, varietas ini hemat pupuk hemat air.

Bupati dan Rektor IPB melounching pupuk cair hayati.

Lebih  lanjut Arif menyampaikan hari ini kami lounching pupuk cair hayati pupuk cair multiguna ini bisa meningkatkan produksi dinel 0,5 – 1,5 ton bahkan ditempat lain bisa sampai 3 ton, dari hasil riset dengan penggunaan pupuk cair hayati multiguna Provibio Botani yang disandingkan dengan varietas baru I PB 9 G ini bisa menghemat pupuk kimia dari 30 – 40 %, kalau disandingkan dengan varietas lain bisa menghemat pupuk sebesar 25 % sehingga hal ini bisa meringankan beban negara dalam hal pemberian subsidi pupuk kepada masyarakat.

Sedangkan Bagas Windaryatno Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sukoharjo kepada wartawan usai acara mengakatan bahwa untuk tetap menjamin Sukoharjo surplus pangan dalam anomaly iklim ini membuat beberapa inovasi antara lain akan melakukan pompanisasi dilahan tadah hujan, bupati akan serahkan 30 pompa air kepada kelompok tani dilahan tadah hujan dan untuk mendukung program pompanisasi kami menggandeng TNI-Polri untuk pengamanan wilayah dan sosialisasi kepada petani.

Terkait inovasi pertanian yang sekarang ini kami berusaha menarik milineal menjadi petani dengan cara modernisasi pertanian, pemerintah memberikan dronspayer untuk pemupukan dan pemberantasan penyakit, untuk lahan 1 Ha bisa diselesaikan dalam waktu 5 – 30 menit , dengan kapasitas baterai setengah jam sehingga petani sekarang dibikin mudah dan hemat, katanya.  (Pri)

Bagikan ke:

1 thought on “Pupuk Cair Hayati Multiguna Provibio Botani Siap Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *