Seorang Gagal Berangkat Karena Sakit, 635 Jamaah Calhaj Blora 2024 Diberangkatkan Ke Tanah Suci

NEWS

Blora-Inspirasiline.com. Sebanyak 635 Jamaah Calon Haji (JCH) Blora tahun 2024 secara bertahap diberangkatkan oleh Bupati, H. Arief Rohman, dari pendapa Rumah Dinas Bupati, Senin (3/6/24) dini hari, mulai pukul 01.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Seorang jamaah gagal berangkat atau ditunda keberangkatannya tahun depan, karena sakit.

Disampaikan Plt. Kepala Kantor Kemenag Blora, Mustakim, satu jamaah calon haji yang gagal berangkat tahun ini, atau ditunda keberangkatannya itu, berjenis kelamin perempuan. Yakni, Siti Afuah Sofwan Ibrahim, asal RT 01 RW 03 Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora Kota.

”Beliau gagal berangkat tahun ini karena hasil pemeriksaan kesehatan, dinyatakan sakit. Yang bersangkutan telah membuat surat pernyataan bermaterai untuk bersedia menunda keberangkatannya. Semoga lekas sehat dan bisa masuk kuota tahun depan,” jelas Mustakim.

Dikemukakan, jumlah calon jamaah haji reguler Kabupaten Blora pada tahun 2024 ini sebanyak 640 orang, ditambah 5 orang Petugas Haji Daerah (PHD). Dari jumlah itu, yang berangkat tanggal 3 Juni 2024 sejumlah 635 orang plus 5 PHD.

“Dari 640 peserta jamaah calon haji reguler itu, ada 2 orang yang sudah berangkat duluan bergabung dengan kloter 8 Kebumen pada tanggal 12 Mei 2024. Kemudian ada 2 orang juga yang berangkat dengan kloter 11 Wonosobo pada 14 Mei 2024. Sisanya seharusnya 636, namun yang berangkat hari ini (3 Juni 2024) hanya 635 karena ada satu yang ditunda keberangkatannya karena sakit. Sehingga total jamaah calon haji reguler yang berangkat 639,” tambah Mustakim.

Dari jamaah calon haji yang ada, terdapat calon haji tertua, yakni atas nama Matraji Sumadi (85), dan jamaah calon haji termuda adalah Enggar Kusuma Wardani, yang berusia 20 tahun.

Lancar

baca juga:  Daerah Irigasi Glapan Timur Digelontor Miliaran Rupiah, Agar Produksi Padi Meningkat

Pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Blora tahun 2024 oleh Bupati Arief Rohman, dengan didampingi perwakilan Forkopimda, pejabat Kantor Kemenag Blora, dan beberapa stakeholder terkait, berjalan lancar.

Prosesi pemberangkatan tahap pertama dilaksanakan pukul 01.00 WIB, yakni mereka yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 84 SOC, yakni sebanyak 171 jamaah calon haji dan 2 Petugas Haji Daerah (PHD).

Sedangkan pemberangkatan tahap kedua dilaksanakan mulai pukul 05.00 WIB. Untuk tahap kedua ini memberangkatkan para calon haji yang tergabung dalam kloter 85, sebanyak 351 jamaah plus 3 PHD. Sebelum pemberangkatan, terlebih dahulu dilaksanakan sholat subuh berjamaah dengan imam KH. Muharror Ali, Ketua MUI Kabupaten Blora sekaligus Pengasuh Ponpes Khozinatul Ulum Blora.

Kemudian pemberangkatan tahap terakhir atau tahap ketiga, dilaksanakan pukul 08.00 WIB, yakni sebanyak 113 jamaah calon haji yang tergabung dalam kloter 86 SOC.

Para pengantar dari keluarga tidak diperbolehkan masuk Pendopo Rumah Dinas Bupati. Semuanya hanya mengantar sampai gerbang depan dan menyaksikan bus satu per satu keluar menuju Asrama Haji Donohudan, sambil melambaikan tangan dan membaca kalimat talbiyah.

“Semuanya langsung menuju asrama haji Donohudan Boyolali, sebelum terbang ke Tanah Suci Saudi Arabia via Bandara Adi Sumarmo,” jelas Mustakim.

Saat melepas. Bupati H. Arief Rohman menyatakan bersyukur karena kuota pemberangkatan haji sudah berangsur normal seperti sebelum pandemi. Pihaknya berharap seluruh jamaah calon haji yang berangkat bisa menjalankan ibadah dengan lancar.

“Selamat jalan para tamu Allah SWT. Semoga jenengan semua dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar, semuanya sehat. Sehat berangkat, sehat saat ibadah, dan sehat saat kembali ke tanah air. Menjadi pribadi yang lebih baik, dengan predikat haji mabrur, amin,” ucap Bupati Arief.

baca juga:  Bupati Sragen Menyampaikan Prioritas Pembangunan Desa Gilirejo Baru

“Kami titip doa, agar saat berhaji bisa ikut mendoakan Blora. Semoga Blora kedepannya bisa lebih baik lagi, semakin maju, guyub rukun. Menjadi Kabupaten yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur, aamiin. Semoga warga yang belum berkesempatan haji juga bisa segera menyusul tindak haji, aamiin,” lanjut Bupati.

Terpisah, Hartono salah satu jamaah calon haji asal Kelurahan Mlangsen, bersyukur bisa ikut berangkat tahun ini. “Alhamdulillah kami bisa ikut berangkat tahun ini bergabung dengan kloter 84. Mohon doanya semoga ibadah kami berjalan lancar. Terimakasih Pak Bupati dan jajaran yang telah memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh jamaah calon haji. Semoga kedepan Blora bisa lebih maju lagi bersama Pak Arief, amiin,” ungkapnya. (Tim Liputan Prokompim Blora – Yokanan).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *