Dua Parpol PDIP-Gerindra Teken MoU Siap Maju Pilkada 2024

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. Kerja sama 2 partai politik (parpol)  yaitu PDIP Sukoharjo dan Partai Gerindra Sukoharjo dengan mendatangani MoU berlangsung di DPC partai PDIP kemarin Kamis (20/6/2024), kerjasama tersebut dengan kesepakatan menuju kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024. Kedua parpol tersebut  merupakan parpol kuat di parlemen dengan total kursi sebanyak 27  yaitu 21 kursi PDIP dan 6 kursi Gerindra sehingga berpeluang kuat memenangi Pilkada Sukoharjo yang akan digelar pada November mendatang.

Rombongan struktural DPC Partai Gerindra Sukoharjo yang dipimpin ketua DPC Titik Suprapti, dewan Pembina partai Gerindra Bambang Riyanto, dan PAC partai Gerindra sekabupaten tampak hadir dalam rombngan tersebut juga  tak ketinggalan ikut hadir calon wakil bupati yang diusungnya yaitu Eko Sapto Purnomo. Mereka tiba di kantor DPC PDIP Sukoharjo pada pukul 14.00 WIB, langsung disambut oleh struktural DPC PDIP Sukoharjo, dan bakal calon bupati yang diusungnya yaitu Etik Suryani dan sejumlah pengurus anak cabang (PAC) kedua parpol juga ikut menghadiri acara tersebut.

Kerjsama kedua parpol sepakat usung cabup-cawabup

Siang yang cerah kelihatan hingar bingar berlangsung prosesi penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Ketua DPC PDIP Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, dan Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo Nurjayanto dan Ketua DPC Partai Gerindra Sukoharjo Titik Suprapti serta Sekretaris DPC Partai Gerindra Sukoharjo Eko Sapto Purnomo. Kerjasama kedua parpol tersebut yaitu PDIP – Gerindra berpeluang memenangi Pilkada Sukoharjo pada Pemilu 2024.

Kepada sejumlah wartawan Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo, Nurjayanto mengatakan kedua parpol tersebut sepakat menandatangani kerjasama politik menghadapi hajatan demokrasi terbesar di Kabupaten Sukoharjo pada 27 November. Ini prosesnya tidak tiba-tiba  namun kami sudah menjalin komunikasi dengan struktural Partai Gerindra selama 1,5 bulan yang lalu, kemudian diteruskan dengan menggelar pertemuan khusus di Solo Baru dan berakhir dengan meneken kerjasama politik pada saat ini, unkap Nurjayanto.

Nurjayanto dan Titik Suprapti saat menyampaikan keterangan pers

Lebih lanjut ditambahkan bahwa dalam kerja sama politik itu ada beberapa kesepatan atau konsensus untuk Pilkada Sukoharjo yakni mengusung calon bupati dari PDIP dan wakil bupati dari Partai Gerindra. Selain itu, tidak menutup kemungkinan gerbong koalisi PDIP – Gerindra membuka pintu selebar-lebarnya untuk parpol lain yang ingin bergabung.

Nurjayanto menggarisbawahi kerjasama itu baru hanya antarparpol. Masalah rekomendasi pasangan calon merupakan wewenang DPP PDIP di Jakarta. “Kami menegaskan ada tiga bakal calon bupati dari PDIP, yaitu Etik Suryani, Agus Santosa, dan Danur Sri Wardhana, yang hadir hari ini hanya Etik Suryani, dua orang lainnya ijin. Keputusan masih ada ditangan DPP PDIP siapa pun kader kami yang mendapat rekomendasi dari DPP akan kami dipasangkan dengan kader Gerindra untuk maju menjadi cabup – cawabup kami akan dukung sepenuhnya,” ujarnya.

Foto bersama strukturan PDIP dan Gerindra usai penandatangan MoU

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Sukoharjo Titik Suprapti ditemui wartawan usai penandatangan MoU juga menyampaikan kami masih menunggu rekomendasi dari DPP partai Gerindra, siapapun yang akan mendapat rekomendasi kami akan berpasangan dengan PDIP untuk mengikuti gelaran Pilkada pada November mendatang dengan harapan kerja sama politik dengan PDIP itu berlanjut untuk satu tujuan memakmurkan dan menyejahterakan masyarakat di Sukoharjo.

Lanjut Titik saat masa penjaringan bakal cabup-cawabup, partai Gerindra ada dua kader internal yang mendaftar sebagai bakal cabup. Yaitu  Joko Paloma Santosa dan Eko Sapto Purnomo.siapapun yang akan mendapatkan rekom DPP sebagai  kader partai di level bawah kami siap menyosialisasikan kesepakatan kerja sama antara PDIP dengan Gerindra ini untuk mengusung cabup-cawabup untuk maju dalam kontestan pemilu 2024, ujar Titik. (Prie)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *