Pengusaha Galian C Berijin Grobogan Keluhkan Adanya Tambang Galian C Liar Yang Masih Beroperasi.

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Para pengusaha tambang galian C yang sudah berijin di Grobogan saat ini tengah mengeluh, pasalnya mereka ( tambang galian C illegal) tidak berkontribusi kepada daerah dalam hal membayar pajak.

Keluhan itu akan disampaikan paguyuban pengusaha galian C melalui audiensi dengan Polres Grobogan. Hal tersebut disampaikan Sucipto selaku Sekretaris Paguyuban Pengusaha Galian C Kabupaten Grobogan kepada media Inspirasiline.com melalui ponselnya pada Sabtu sore (22/6/24).

“Kami akan melakukan audiensi dengan Polres terkait keluhan kami dengan keberadaan tambang galian C yang tak berijin tetapi masih bisa beroperasi” ungkap Sucipto.

Kata Sucipto, para pengusaha galian C di Grobogan yang berijin selalu taat membayar pajak, sedangkan galian C illegal tidak pernah menyetorkah pajak namun bisa bebas beroperasi.

“Anggota kami yang sudah berijin telah memiliki IUP OP( Ijin Usaha Pertambangan Operasional Produksi) sebanyak 12 pengusaha diluar PT Semen Grobogan, semuanya membayar pajak PAD” katanya.

Melalui audiensi nanti, dia berharap agar tambang tambang galian C illegal di Kabupaten Grobogan segera ditutup.
“Tentang waktu audiensi, kami masih menunggu jadwal dari Polres Grobogan” sergahnya.

Dia mencontohkan adanya salah satu galian C di Desa Terkesi, Kecamatan Klambu diduga tidak mempunyai izin tetapi bisa beroperasi.

Adanya kegiatan operasi galian C di desa tersebut, membuat para pengusaha galian C yang mempunyai izin resmi dirugikan.

Sebab, omset dari pemilik galian C resmi berkurang karena persaingan harga. Disamping itu pemilik galian C tidak resmi tidak menyetorkan pajak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pengusaha galian C resmi menyetorkan pajak.
Sehingga Pemerintah Daerah tidak mendapatkan pemasukan daerah dari hasil pajak tambang galian C.

Oleh sebab itu, Sekretaris Paguyuban Pengusaha Galian C Grobogan Sucipto sekali lagi mengatakan, rencana akan melakukan audiensi dengan aparat penegak hukum tentang perizinan galian C. (jkwi)

Bagikan ke:

1 thought on “Pengusaha Galian C Berijin Grobogan Keluhkan Adanya Tambang Galian C Liar Yang Masih Beroperasi.

  1. Hi Neat post Theres an issue together with your web site in internet explorer may test this IE still is the marketplace chief and a good component of people will pass over your fantastic writing due to this problem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *