Dewan Kesenian Kota Tegal Tuntut Dana Hibah, Inilah Jawaban Walikota

ENTERTAINMENT

Penulis: Abiet Sabariang
Editor: Dwi NR

Ibarat tidak makan nangka tapi terkena getahnya. Inilah yang dirasakan kepengurusan Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) sekarang. Salah satunya, pengurus DKT sekarang yang sudah satu tahun terpilih . tidak mendapatkan dana hibah dari Pemkot Tegal untuk menunjang kegiatan mereka.
WALIKOTA Tegal Dedy Yon Supriyono.

SELAIN persoalan pendanaan, DKT selama ini juga telantar, karena tidak memiliki basecamp atau kantor sekretariat. DKT yang sudah berkali-kali minta berdialog dengan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, namun baru bisa terlaksana, Selasa (25/8) sore.

Ketua DKT Kota Tegal Yono Daryono dan Penasihat DKT Sisdiono Ahmad beserta sejumlah pengurus lain diteima oleh Walikota Tegal di Pringgitan Balaikota. Walikota didampingi Kepala Dinas Pendidikan Fahmi, Kepala DPPKD Supriyanta, Kepala Bidang Kebudayaan Sri Hartati, dan Kasi Seni dan Budaya Herlina.

Kepada walikota, Yono Dayono menyampaikan beberepa hal, di antaranya ketegasan walikota perihal peminjaman sebagian ruangan Gedung PPIB untuk kegiatan atau Kantor Sekretariat DKT.

Tak hanya itu, Yono juga menanyakan rencana pengembangan Taman Budaya Tegal (TBT). “Sebab, sesuai rencana awal, selain pembangunan teater arena, juga akan dibangun Pendopo Agung dan Pendopo Alit. Meski rencana itu sudah masuk DED dalam pembangunan tersebut, tapi sampai tujuh belas tahun sekarang ini belum terwujud,” ungkapnya.

KETUA Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) Yono Daryono.

Pada kesempatan itu, Yono juga meminta walikota supaya pada RAPBD 2021, DKT bisa mendapat dana hibah.

Menjawab persoalan DKT, walikota justru kembali menegaskan supaya DKT segera menempati bekas Gedung Dekranasda. “Sejak awal kan saya bilang, silakan ruangan itu digunakan untuk kegiatan Dewan Kesenian. Tapi kenapa belum ditempati,” kata Dedy Yon.

Walikota juga minta supaya kegiatan kesenian di Kota Tegal secepatnya kembali digiatkan. “Jangan sampai di Kota Tegal sepi dari kegiatan kesenian. Jika perlu, kami akan mengundang kelompok-kelompok teater dari luar daerah, supaya pentas di Tegal,” tegasnya.

baca juga:  Pengusaha Bioskop Tegal Minta Wali Kota Izinkan Buka Kembali

Di akhir pertemuan, Walikota Dedy Yon minta kepada DPPKD supaya mengalokasikan dan merealisasikan dana hibah bagi DKT di APBD 2021.

“Kalau permintaan anggaran sudah direalisasilan. bukan berarti sertamerta ada kontinuitas pementasan, karena DKT bukan sanggar. Yang dilakukan oleh DKT, adalah  mendorong dan meningkatkan supaya napas kesenian di Kota Tegal tambah maju dan berkembang,” ujar Yono Daryono menanggapi pernyataan walikota.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *