Sedekah Bumi Kelurahan Margadana Kota Tegal

NEWS

Penulis: Abiet Sabariang
TEGAL | inspirasiline.com 

SEBAGAI ungkapan rasa syukur kepada Allah atas segala keselamatan dan kesejahteraan, warga Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana, Kota Tegal menggelar Ruwatan Sedekah Bumi sepanjang dua hari, Jumat-Sabtu (4-5/9/2020).

Diawali zikir dan tawasulan bersama, bertujuan untuk mendoakan para leluhur, tradisi yang digelar di Perempatan Jaga Dipa ini dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Pagi harinya, dilanjutkan dengan bakti sosial berupa pangkas rambut gratis, mulai pukul 08.00, yang disambut antusiasme warga. Terbukti, meski melibatkan 25 pemangkas rambut dari Barber Shop Harmonis, petugas tetap kewalahan karena banyaknya warga yang ingin memotong rambutnya.

Ketua Pelaksana Sedekah Bumi Kelurahan Margadana MT Supriyadin menjelaskan, sedekah bumi merupakan wujud rasa syukur kepada Sang Khalik sekaligus untuk mendoakan para ulama dan leluhur di Margadana.

“Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, namun.tidak mengurangi hikmah dari acara sedekah bumi yang setiap tahun digelar ini,” ujar Supriyadin.

Camat Margadana H Cipto Darsono mengatakan, sedekah bumi untuk nguri-uri budaya dan ajang silaturahmi warga, sekaligus ungkapan syukur karena selama ini kita menempati Bumi Margadana dengan selamat dan sejahtera, di samping menjaga kegotongroyongan. “Sebab mustahil acara ini bisa berjalan tanpa gotong royong,” tuturnya, sembari mengimbau warga Margadana tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Setelah doa yang dipimpin oleh Sudarto (Kasi Permas Kelurahan Margadana), warga langsung berebut tumpeng yang telah disediakan panitia. Nasi tumpeng itu dipercaya akan membawa keberkahan.***

Bagikan ke:
baca juga:  Mahasiswa Bidik Misi se Jateng dan DIY Melakukan KBBK di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *